Selasa, 18 Maret 2014

PROGRAM PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER

B.  PROGRAM PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER
  1. I. Pengertian Kegiatan Ekstra Kurikuler
Kegiatan Ekstra Kurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar jam pelajaran biasa yang dilakukan di sekolah/luar sekolah  untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah/madrasah secara berkala dan terprogram.
  1. II. Visi dan Misi
a.  Visi
Visi kegiatan ekstra kurikuler adalah berkembangnya potensi, bakat dan minat secara optimal, serta tumbuhnya kemandirian dan kebahagiaan peserta didik  yang berguna untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat.
b.  Misi
1)  Menyediakan sejumlah kegiatan yang dapat dipilih oleh peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka.
2)  Menyelenggarakan kegiatan yang memberikan kesempatan peserta didik mengespresikan  diri secara bebas melalui kegiatan mandiri dan atau kelompok.
  1. III. Tujuan Umum
Menunjang pencapaian tujuan institusional dalam upaya pembentukan manusia Indonesia seutuhnya berdasarkan Pancasila, yaitu :
(1) Manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur.
(1)  Memiliki pengetahuan dan keterampilan
(2)  Sehat jasmani dan rohani
(3)  Kepribadian yang mantap dan mandiri
(4)  Rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
  1. IV. Tujuan Khusus
1)  Memberikan pengayaan kepada siswa yang menyangkut aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap untuk menjadi manusia seutuhnya.
2)  Menambah pengetahuan dan keterampilan kepada siswa untuk memanfaatkan potensi lingkungan alam, lingkungan sosial dan lingkungan budaya.
3)  Mengembangkan kemampuan siswa untuk memanfaatkan kegiatan industri dan dunia usaha (kewiraswastaan)
4)  Mengembangkan keterampilan dan nilai-nilai kemanusiaan, ketekunan, kerja keras dan disiplin melalui kegiatan ekstrakurikuler.
5)  Menanamkan kemampuan dan keterampilan melakukan tindakan dan perilaku hidup sehat secara jasmani dan rohani.
6)  Menanamkan kemampuan meneliti dan mengembangkan daya cipta untuk menemukan hal baru
7)  Menanamkan nilai-nilai gotong royong, kerjasama, tanggungjawab dan disiplin melalui kegiatan koperasi sekolah
8)  Memberikan bekal kemampuan berorganisasi melalui kegiatan di sekolah dan di luar sekolah.
9)  Memberikan bekal keterampilan praktis yang diperlukan siswa untuk hidup di masyarakat, mencukupi kebutuhannya sendiri maupun membantu kebutuhan  orangtuanya.
10)  Menanamkan rasa cinta dan tanggung jawab dalam upaya melestarikan lingkungan alam dan budaya
11)  Menanamkan budaya kerja dan etos kerja yang diperlukan untuk pembangunan berkelanjutan
12)  Menanamkan dan menambah wawasan kerohanian, mental dan agama untuk hidup dalam masyarakat, bangsa dan negara.
13)  Memberikan bekal kemampuan berbakti dan berpartisipasi dalam pembangunan daerah.
  1. V. Fungsi Kegiatan Ekstra Kurikuler
a.  Pengembangan, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitas peserta didik sesuai dengan potensi, bakat dan minat mereka.
b.  Sosial, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab sosial peserta didik.
c.  Rekreatif, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan suasana rileks, mengembirakan dan menyenangkan bagi peserta didik yang menunjang proses perkembangan.
d.  Persiapan karir, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kesiapan karir peserta didik.
  1. VI. Prinsip Kegiatan Ekstra Kurikuler
a.  Individual, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang sesuai dengan potensi, bakat dan minat peserta didik masing-masing.
b.  Pilihan, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang sesuai dengan keinginan dan diikuti secara sukarela peserta didik.
c.  Keterlibatan aktif, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang menuntut keikutsertaan peserta didik secara penuh.
d.  Menyenangkan, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler dalam suasana yang disukai dan mengembirakan peserta didik.
e.  Etos kerja, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang membangun semangat peserta didik untuk bekerja dengan baik dan berhasil.
  1. Kemanfaatan sosial, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat.
  2. VII. Bidang dan Jenis Kegiatan Pembinaan
a. Bidang Olah raga
Sepak Bola
Volley Ball
Tenis Meja
Bulu tangkis
Atletik
Takraw
Olah raga prestasi lainnya
b. Bidang Seni
Seni Olah Vokal
Seni Teater
Seni Tradisional
Seni Modern
c. Bidang  wawasan Kebangsaan
Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra)
Pecinta Alam
Palang Merah  Remaja  (PMR)
Pramuka
Kelompok Ilmah Remaja (KIR)
Englsh Club
d. Pembinaan Ketaqwaan Terhayap Tuhan Yang Maha Esa
Study Religy Club
e. Pembinaan  keterampilan dan  Kewirausahaan
Warung Siswa
  1. VIII. Peranan dan Tugas Guru/Kepala Sekolah
Dalam kegiatan ekstrakurikuler tugas guru antara lain memberikan rangsangan dan motivasi serta arahan-arahan/pembinaan mulai dari persiapan, pelaksanaan, penilaian dan upaya pengembangan.
Selama kegiatan ekstrakurikuler berlangsung, peranan guru/kepala sekolah adalah sebagai berikut :
  1. Sebagai Motivator
Memberikan rangsangan dan dorongan bagi siswa agar dapat mau melakukan sesuatu secara perorangan, berpasangan, kelompok maupun menurut rombongan belajar (klasikal)
  1. Sebagai fasilitator/tutor
Berperan memberikan materi dan membantu kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler
  1. Sebagai Dinamisator/akselelator
Mendorong aktifitas siswa agar dapat melakukan kegiatan yang lebih banyak dan lebih bervariasi dari segi kualitas dan kreatifitas siswa.
  1. Sebagai konselor
Memberikan bimbingan dan menjadi nara sumber, tempat berkonsultasi untuk kegiatan dari tahap persiapan, pelaksanaan, penilaian, tidak lanjut dan pengembangannya.
  1. IX. Penyusunan Program Bimbingan Kegiatan Ekstrakurikuler
Untuk menunjang kelancaran, efisiensi dan efektifitas bimbingan kegiatan ekstrakurikuler perlu disusun program kegiatan bimbingan siswa. Komponen yang perlu dimasukan dalam program ini meliputi kegiatan yang dilaksanakan pada tahap persiapan, pelaksanaan, penilaian dan tindak lanjut kegiatan ekstrakurikuler
  1. X. PEMBINA EKSTRAKURIKULER
No.
Nama
Jabatan
Keterangan
1.
W. Sudarman, S.Ag
Wakasek Kesiswaan

2
Safari, S.Pd
Pembina OSIS

3
Sutamin Rembasa, S.Pd
Pembina Seni

4
Risna, S.Pd
Pembina Pramuka

5
Mahmid, S.Pd
Pembina Olahraga

6
Raden Roro E, S.Ag
Study Religy Club

7
Irmayani, S.Pd
Pembina Warung Siswa

8
Yuli Manggasa
Pembina English Club

9
Wa Ode Hariani, S.Pd
Pembina Paskibra





NO
NAMA EKSTRA
HARI KEGIATAN
WAKTU
TEMPAT
SNN
SLS
RAB
KMS
JMT
SBT
1
OSIS








2
Unit Seni








3
Pramuka








4
Klub Olahraga








5
Study Religy Club








6
Warung Siswa








7
English Club








8
Paskibra








C.  PROGRAM UNGGULAN AKADEMIK DAN NON AKADEMIK
  1. Pengertian
Program Unggulan adalah program kegiatan kesiswaan yang merupakan program prioritas sekolah dengan fokus :
a.  Tercapainya sumber daya manusia yang kreatif, inovatif dengan ketangguhan intelektual dan kekuatan moral.
  1. Adanya perubahan dari siswa pasif menjadi siswa aktif
  2. Memiliki keunggulan prestasi akademik dan atau non akademik untuk bidang tertentu sebagai bukti pertanggungjawaban keberhasilan pendidikan kepada masyarakat.
  3. Mampu berprestasi dalam kegiatan Olimpiade/Lomba Cepat Tepat/Porseni/Porpelajar di tingkat Kota/Provinsi dan Tingkat Nasional
  1. Sasaran Pembinaan
Sasaran pembinaan adalah seluruh siswa kelas X, XI dan XII dengan pengaturan sebagai berikut :
a.  Kelas X (setiap hari Jum’at)
Program unggulan akademik yaitu Fisika,Kimia,Biologi,Matematika,TIK
  1. kelas XI IPA dan IPS (terintegrasi mulai hari Senin s.d. Sabtu dalam PBM)
Program Unggulan Akademik yaitu Fisika, Kimia, Biologi, matematika, TIK, Bahasa Inggris dan Ekonomi Akuntansi untuk Jurusan IPS.
  1. Kelas XII IPA dan IPS(terintegrasi mulai hari Senin s.d. Sabtu dalam PBM)
Program Unggulan Akademik yaitu Fisika, Kimia, Biologi, matematika, TIK, Bahasa Inggris dan Ekonomi Akuntansi untuk Jurusan IPS.
3.PELAKSANAN KEGIATAN
Pelaksana kegiatan Program Unggulan terdiri atas :
  • Pembina/Pelatih
Pembina yaitu guru SMA  NEGERI I Konda yang secara formal ditunjuk berdasaran Surat Keputusan kepala SMA  NEGERI I Konda
Pelatih yaitu guru atau seseorang yang mempunyai keahlian dalam bidang tugas akademik atau non akademik
4. MEKANISME KEGIATAN
6.1. Tempat Penyelenggaran
Program Unggulan ini diselenggarakan di SMA  NEGERI I Konda, dengan mempergunakan tempat sebagai berikut :
No.
Program Unggulan
Lokasi
Keterangan
A.
Akademik


1.
Biologi
Laboratorium Biologi

2.
Fisika
Laboratorium Fisika

3.
Kimia
Laboratorium Kimia

4.
Matematika
Ruang  kelas
Terintegrasi dlm kegiatan PBM
5.
TIK
Laboratorium Komputer
Terintegrasi dlm kegiatan PBM
6.
Bahasa Inggris
Ruang kelas
Terintegrasi dlm kegiatan PBM
B.
Non Akademik


1.
Bola Volley
Lapang  SMA  NEGERI I Konda

2.
Sepak Bola
Lapang SMA  NEGERI I Konda

3.
Tenis Meja
Lapang SMA  NEGERI I Konda

4.
Atletik
Lapang SMA  NEGERI I Konda

5.
Bulu Tangkis
Lapang SMA  NEGERI I Konda

6.
Seni Tradisional/Modern/Teater/vokal


6.2. Waktu Pelaksanaan
Program unggulan dilaksanakan dengan pengaturan sebagai berikut :
a.     Program Akademik
  • Untuk siswa kelas X dilaksanakan setiap hari Jum’at mulai pukul 07.00 s.d. 10.00.
  • Untuk siswa kelas XI, XII dilaksanakan sesuai dengan jadwal pelajaran (terintegrasi dalam kegiatan Intrakurikuler)
b.     Program Non Akademik
Dilaksanakan diluar jam pelajaran biasa mulai pukul; 14. s.d 16.15 (sesuai dengan jadwal Ekstrakurikuler yang telah disepakati bersama: ketua-ketua ekstra, osis dan pihak sekolah terlampir).
6.3. Pola Pendekatan dan Sistem Penyajian
Pola pendekatan dan sisem penyajian disesuaikan dengan situasi kelas yang terpenting siswa dimotivasi untuk aktif, kreatif, inovatif.
6.4. Pelaksanaan
a. Tahap Persiapan
Pada tahap ini dilakukakan sosialisasi terhadap guru dan staf tata usaha, komite sekolah dan orang tua murid. Sosialsisasi dilakukan oleh bagian kesiswaan dan Staf BK
b. Tahap pelaksanaan Program
Dilaksanakan mulai awal semester ganjil . Pelaksanaan pembinaan dilakukann oleh Guru mata pelajaran/Pembina Ekstrakurikuler/Pelatih dan BK sebagai pelayan konseling
c. Tahap Evaluasi
Tahap ini dilakukan 2 kali dalam 1 semester yaitu diakhir bulan Oktober dan awal bulan Januari pada semester ganjil.  Dan akhir bulan Maret dan akhir bulan Mei pada semester genap. Tahapan inibertujuan untuk melihat sampai sejauh mana program kegiatan terlampaui.
BAB III
PENUTUP
Demikian Program Kerja Pembinaan Kesiswaan yang merupakan upaya program Pengembangan Potensi Diri Siswa di SMA  NEGERI I Konda tahun pelajaran 2009/2010 dengan harapan dapat terlaksana sesuai dengan tujuan dan target yang diharapkan.
Program Kerja ini tidak mungkin bisa terlaksana tanpa adanya dukungan dari semua pihak. Oleh karena itu upaya pemahaman terhadap program kerja ini dapat diupayakan secara maksimal demi terwujudnya Visi dan Misi SMA  NEGERI I Konda.

1 komentar: