B. PROGRAM PEMBINAAN
EKSTRAKURIKULER
- I. Pengertian Kegiatan Ekstra Kurikuler
Kegiatan Ekstra Kurikuler adalah
kegiatan pendidikan di luar jam pelajaran biasa yang dilakukan di sekolah/luar
sekolah untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan,
potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus
diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan
dan berkewenangan di sekolah/madrasah secara berkala dan terprogram.
- II. Visi dan Misi
a. Visi
Visi kegiatan ekstra kurikuler
adalah berkembangnya potensi, bakat dan minat secara optimal, serta tumbuhnya
kemandirian dan kebahagiaan peserta didik yang berguna untuk diri
sendiri, keluarga dan masyarakat.
b. Misi
1) Menyediakan sejumlah
kegiatan yang dapat dipilih oleh peserta didik sesuai dengan kebutuhan,
potensi, bakat, dan minat mereka.
2) Menyelenggarakan kegiatan
yang memberikan kesempatan peserta didik mengespresikan diri secara bebas
melalui kegiatan mandiri dan atau kelompok.
- III. Tujuan Umum
Menunjang pencapaian tujuan
institusional dalam upaya pembentukan manusia Indonesia seutuhnya berdasarkan
Pancasila, yaitu :
(1) Manusia yang beriman dan
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur.
(1) Memiliki pengetahuan dan
keterampilan
(2) Sehat jasmani dan rohani
(3) Kepribadian yang mantap
dan mandiri
(4) Rasa tanggung jawab
kemasyarakatan dan kebangsaan.
- IV. Tujuan Khusus
1) Memberikan pengayaan kepada
siswa yang menyangkut aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap untuk menjadi manusia
seutuhnya.
2) Menambah pengetahuan dan
keterampilan kepada siswa untuk memanfaatkan potensi lingkungan alam,
lingkungan sosial dan lingkungan budaya.
3) Mengembangkan kemampuan
siswa untuk memanfaatkan kegiatan industri dan dunia usaha (kewiraswastaan)
4) Mengembangkan keterampilan
dan nilai-nilai kemanusiaan, ketekunan, kerja keras dan disiplin melalui
kegiatan ekstrakurikuler.
5) Menanamkan kemampuan dan
keterampilan melakukan tindakan dan perilaku hidup sehat secara jasmani dan
rohani.
6) Menanamkan kemampuan
meneliti dan mengembangkan daya cipta untuk menemukan hal baru
7) Menanamkan nilai-nilai
gotong royong, kerjasama, tanggungjawab dan disiplin melalui kegiatan koperasi
sekolah
8) Memberikan bekal kemampuan
berorganisasi melalui kegiatan di sekolah dan di luar sekolah.
9) Memberikan bekal
keterampilan praktis yang diperlukan siswa untuk hidup di masyarakat, mencukupi
kebutuhannya sendiri maupun membantu kebutuhan orangtuanya.
10) Menanamkan rasa cinta dan
tanggung jawab dalam upaya melestarikan lingkungan alam dan budaya
11) Menanamkan budaya kerja
dan etos kerja yang diperlukan untuk pembangunan berkelanjutan
12) Menanamkan dan menambah
wawasan kerohanian, mental dan agama untuk hidup dalam masyarakat, bangsa dan
negara.
13) Memberikan bekal kemampuan
berbakti dan berpartisipasi dalam pembangunan daerah.
- V. Fungsi Kegiatan Ekstra Kurikuler
a. Pengembangan, yaitu
fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitas
peserta didik sesuai dengan potensi, bakat dan minat mereka.
b. Sosial, yaitu fungsi
kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab
sosial peserta didik.
c. Rekreatif, yaitu
fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan suasana rileks,
mengembirakan dan menyenangkan bagi peserta didik yang menunjang proses
perkembangan.
d. Persiapan karir,
yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kesiapan karir
peserta didik.
- VI. Prinsip Kegiatan Ekstra Kurikuler
a. Individual, yaitu
prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang sesuai dengan potensi, bakat dan minat
peserta didik masing-masing.
b. Pilihan, yaitu
prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang sesuai dengan keinginan dan diikuti
secara sukarela peserta didik.
c. Keterlibatan aktif,
yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang menuntut keikutsertaan peserta
didik secara penuh.
d. Menyenangkan, yaitu
prinsip kegiatan ekstra kurikuler dalam suasana yang disukai dan mengembirakan
peserta didik.
e. Etos kerja, yaitu
prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang membangun semangat peserta didik untuk
bekerja dengan baik dan berhasil.
- Kemanfaatan sosial, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat.
- VII. Bidang dan Jenis Kegiatan Pembinaan
a.
Bidang Olah raga
Sepak Bola
Volley Ball
Tenis Meja
Bulu tangkis
Atletik
Takraw
Olah raga prestasi lainnya
b.
Bidang Seni
Seni Olah Vokal
Seni Teater
Seni Tradisional
Seni Modern
c.
Bidang wawasan Kebangsaan
Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra)
Pecinta Alam
Palang Merah Remaja
(PMR)
Pramuka
Kelompok Ilmah Remaja (KIR)
Englsh Club
d.
Pembinaan Ketaqwaan Terhayap Tuhan Yang Maha Esa
Study Religy Club
e.
Pembinaan keterampilan dan Kewirausahaan
Warung Siswa
- VIII. Peranan dan Tugas Guru/Kepala Sekolah
Dalam kegiatan ekstrakurikuler tugas
guru antara lain memberikan rangsangan dan motivasi serta
arahan-arahan/pembinaan mulai dari persiapan, pelaksanaan, penilaian dan upaya
pengembangan.
Selama kegiatan ekstrakurikuler
berlangsung, peranan guru/kepala sekolah adalah sebagai berikut :
- Sebagai Motivator
Memberikan rangsangan dan dorongan
bagi siswa agar dapat mau melakukan sesuatu secara perorangan, berpasangan,
kelompok maupun menurut rombongan belajar (klasikal)
- Sebagai fasilitator/tutor
Berperan memberikan materi dan
membantu kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam melaksanakan kegiatan
ekstrakurikuler
- Sebagai Dinamisator/akselelator
Mendorong aktifitas siswa agar dapat
melakukan kegiatan yang lebih banyak dan lebih bervariasi dari segi kualitas
dan kreatifitas siswa.
- Sebagai konselor
Memberikan bimbingan dan menjadi
nara sumber, tempat berkonsultasi untuk kegiatan dari tahap persiapan,
pelaksanaan, penilaian, tidak lanjut dan pengembangannya.
- IX. Penyusunan Program Bimbingan Kegiatan Ekstrakurikuler
Untuk menunjang kelancaran,
efisiensi dan efektifitas bimbingan kegiatan ekstrakurikuler perlu disusun
program kegiatan bimbingan siswa. Komponen yang perlu dimasukan dalam program
ini meliputi kegiatan yang dilaksanakan pada tahap persiapan, pelaksanaan,
penilaian dan tindak lanjut kegiatan ekstrakurikuler
- X. PEMBINA EKSTRAKURIKULER
No.
|
Nama
|
Jabatan
|
Keterangan
|
1.
|
W. Sudarman, S.Ag
|
Wakasek Kesiswaan
|
|
2
|
Safari, S.Pd
|
Pembina OSIS
|
|
3
|
Sutamin Rembasa, S.Pd
|
Pembina Seni
|
|
4
|
Risna, S.Pd
|
Pembina Pramuka
|
|
5
|
Mahmid, S.Pd
|
Pembina Olahraga
|
|
6
|
Raden Roro E, S.Ag
|
Study Religy Club
|
|
7
|
Irmayani, S.Pd
|
Pembina Warung Siswa
|
|
8
|
Yuli Manggasa
|
Pembina English Club
|
|
9
|
Wa Ode Hariani, S.Pd
|
Pembina Paskibra
|
|
NO
|
NAMA
EKSTRA
|
HARI KEGIATAN
|
WAKTU
|
TEMPAT
|
|||||
SNN
|
SLS
|
RAB
|
KMS
|
JMT
|
SBT
|
||||
1
|
OSIS
|
||||||||
2
|
Unit Seni
|
||||||||
3
|
Pramuka
|
||||||||
4
|
Klub
Olahraga
|
||||||||
5
|
Study
Religy Club
|
||||||||
6
|
Warung
Siswa
|
||||||||
7
|
English
Club
|
||||||||
8
|
Paskibra
|
C. PROGRAM UNGGULAN AKADEMIK
DAN NON AKADEMIK
- Pengertian
Program Unggulan adalah program
kegiatan kesiswaan yang merupakan program prioritas sekolah dengan fokus :
a. Tercapainya sumber daya
manusia yang kreatif, inovatif dengan ketangguhan intelektual dan kekuatan
moral.
- Adanya perubahan dari siswa pasif menjadi siswa aktif
- Memiliki keunggulan prestasi akademik dan atau non akademik untuk bidang tertentu sebagai bukti pertanggungjawaban keberhasilan pendidikan kepada masyarakat.
- Mampu berprestasi dalam kegiatan Olimpiade/Lomba Cepat Tepat/Porseni/Porpelajar di tingkat Kota/Provinsi dan Tingkat Nasional
- Sasaran Pembinaan
Sasaran pembinaan adalah seluruh
siswa kelas X, XI dan XII dengan pengaturan sebagai berikut :
a. Kelas X (setiap hari
Jum’at)
Program unggulan akademik yaitu
Fisika,Kimia,Biologi,Matematika,TIK
- kelas XI IPA dan IPS (terintegrasi mulai hari Senin s.d. Sabtu dalam PBM)
Program Unggulan Akademik yaitu
Fisika, Kimia, Biologi, matematika, TIK, Bahasa Inggris dan Ekonomi Akuntansi
untuk Jurusan IPS.
- Kelas XII IPA dan IPS(terintegrasi mulai hari Senin s.d. Sabtu dalam PBM)
Program Unggulan Akademik yaitu
Fisika, Kimia, Biologi, matematika, TIK, Bahasa Inggris dan Ekonomi Akuntansi
untuk Jurusan IPS.
3.PELAKSANAN KEGIATAN
Pelaksana kegiatan Program Unggulan
terdiri atas :
- Pembina/Pelatih
Pembina yaitu guru SMA NEGERI
I Konda yang secara formal ditunjuk berdasaran Surat Keputusan kepala SMA
NEGERI I Konda
Pelatih yaitu guru atau seseorang
yang mempunyai keahlian dalam bidang tugas akademik atau non akademik
4. MEKANISME KEGIATAN
6.1. Tempat Penyelenggaran
Program Unggulan ini diselenggarakan
di SMA NEGERI I Konda, dengan mempergunakan tempat sebagai berikut :
No.
|
Program Unggulan
|
Lokasi
|
Keterangan
|
A.
|
Akademik
|
||
1.
|
Biologi
|
Laboratorium Biologi
|
|
2.
|
Fisika
|
Laboratorium Fisika
|
|
3.
|
Kimia
|
Laboratorium Kimia
|
|
4.
|
Matematika
|
Ruang kelas
|
Terintegrasi dlm kegiatan PBM
|
5.
|
TIK
|
Laboratorium Komputer
|
Terintegrasi dlm kegiatan PBM
|
6.
|
Bahasa Inggris
|
Ruang kelas
|
Terintegrasi dlm kegiatan PBM
|
B.
|
Non Akademik
|
||
1.
|
Bola Volley
|
Lapang SMA NEGERI I
Konda
|
|
2.
|
Sepak Bola
|
Lapang SMA NEGERI I Konda
|
|
3.
|
Tenis Meja
|
Lapang SMA NEGERI I Konda
|
|
4.
|
Atletik
|
Lapang SMA NEGERI I Konda
|
|
5.
|
Bulu Tangkis
|
Lapang SMA NEGERI I Konda
|
|
6.
|
Seni
Tradisional/Modern/Teater/vokal
|
6.2. Waktu Pelaksanaan
Program unggulan dilaksanakan dengan
pengaturan sebagai berikut :
a. Program
Akademik
- Untuk siswa kelas X dilaksanakan setiap hari Jum’at mulai pukul 07.00 s.d. 10.00.
- Untuk siswa kelas XI, XII dilaksanakan sesuai dengan jadwal pelajaran (terintegrasi dalam kegiatan Intrakurikuler)
b. Program
Non Akademik
Dilaksanakan diluar jam pelajaran
biasa mulai pukul; 14. s.d 16.15 (sesuai dengan jadwal Ekstrakurikuler yang
telah disepakati bersama: ketua-ketua ekstra, osis dan pihak sekolah
terlampir).
6.3. Pola Pendekatan dan Sistem
Penyajian
Pola pendekatan dan sisem penyajian
disesuaikan dengan situasi kelas yang terpenting siswa dimotivasi untuk aktif,
kreatif, inovatif.
6.4. Pelaksanaan
a. Tahap Persiapan
Pada tahap ini dilakukakan
sosialisasi terhadap guru dan staf tata usaha, komite sekolah dan orang tua
murid. Sosialsisasi dilakukan oleh bagian kesiswaan dan Staf BK
b. Tahap pelaksanaan Program
Dilaksanakan mulai awal semester
ganjil . Pelaksanaan pembinaan dilakukann oleh Guru mata pelajaran/Pembina
Ekstrakurikuler/Pelatih dan BK sebagai pelayan konseling
c. Tahap Evaluasi
Tahap ini dilakukan 2 kali dalam 1
semester yaitu diakhir bulan Oktober dan awal bulan Januari pada semester
ganjil. Dan akhir bulan Maret dan akhir bulan Mei pada semester genap.
Tahapan inibertujuan untuk melihat sampai sejauh mana program kegiatan terlampaui.
BAB III
PENUTUP
Demikian Program Kerja Pembinaan
Kesiswaan yang merupakan upaya program Pengembangan Potensi Diri Siswa di
SMA NEGERI I Konda tahun pelajaran 2009/2010 dengan harapan dapat
terlaksana sesuai dengan tujuan dan target yang diharapkan.
Program Kerja ini tidak mungkin bisa
terlaksana tanpa adanya dukungan dari semua pihak. Oleh karena itu upaya
pemahaman terhadap program kerja ini dapat diupayakan secara maksimal demi
terwujudnya Visi dan Misi SMA NEGERI I Konda.
trimakasih banyak mbak,,Mohon izin copas ya
BalasHapus