Program kerja
kesiswaan
I.
PENDAHULUAN
Sekolah
merupakan tempat/wahana pembentukan kepribadian siswa secara utuh. Disamping
transfer ilmu pengetahuan dari guru kepada siswa, juga pembentukan mental
kepribadian yang baik seperti disiratkan dalam tujuan pendidikan nasional yaitu
terbentuknya manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Melihat dari hal
tersebut sudah barang tentu, kemampuan yang dimiliki siswa di luar akademik
sedapat mungkin diwadahi dan dikembangkan oleh sekolah melalui kegiatan OSIS
beserta ekstra kurikulernya.
Di dalam
pelaksanaannya kegiatan OSIS dengan ekstra kurikulernya memerlukan
pengorganisasian dan pembinaan secara khusus, sebagai wujud pengembangan
kepribadian serta kemampuan siswa, disamping itu pula merupakan bagian dari
pendidikan akhlak mulia.
II.
PROGRAM KEGIATAN
Kegiatan yang
akan dilaksanakan oleh kesiswaan selama satu tahun ke depan adalah :
1. PENERIMAAN
SISWA BARU
Kegiatan
Penerimaan Siswa Baru dilaksanakan pada setiap sebelum dimulainya tahun ajaran
baru. Kegiatan ini akan dilaksanakan berdasarkan kepada peraturan pemerintah
yang telah ditetapkan setiap tahun.
2. MELAKSANAKAN
KEGIATAN MOPD
MOPD (Masa
Orientasi Pendidikan Dasar ) merupakan masa-masa pengenalan
kampus bagi siswa baru yang telah diterima. Kegiatan ini dilaksanakan
berdasarkan berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan oleh
pemerintah.
3. ORGANISASI
A. OSIS dan MPK
a.1. Mengokohkan eksistensi OSIS di hadapan
seluruh siswa sebagai
motor penggerak dan fasilitator kegiatan siswa secara keseluruhan
a.2. Meningkatkan kemampuan managerial OSIS
secara mandiri dalam
menyelenggarakan setiap kegiatan di sekolah.
a.3. Membantu membentuk pribadi pemimpin
pada diri anggota OSIS
a.4. Mendorong siswa untuk berusaha
memahami sikap demokratis
a.5. Membantu siswa untuk belajar mampu
menerima kekurangan
orang lain.
a.6. Memberikan pengalaman bagi siswa
mengenai mekanisme kerja
organisasi.
a.7. Memberikan pengertian bahwa OSIS
merupakan wadah dan Induk
serta evaluator bagi pengembangan ekstra kurikuler.
Upaya
untuk mencapai hal tersebut maka harus dilaksanakan :
1. Mengadakan pemilihan calon anggota OSIS secara selektip melalui
Beberapa tahap wawancara, diklat yaitu diklat 1, 2 dan
3.
2. Mengadakan simulasi mini event secara mandiri dengan diberi du
Rasi waktu persiapan selama 2 minggu sebagai uji coba
dari diklat
Yang telah dilaksanakan.
3. Melaksanakan kegiatan Latihan dasar kepemimpinan siswa dengan
Penekanan materi kepada ke OSIS san, Management
kegiatan, kepe
Mimpinan serta manajemen keuangan dan budi pekerti.
4. Mengadakan event dengan tingkat kesulitan lebih tinggi dari sebe
Lumnya sebagai uji coba dari hasil LDKS.
5. Penyusunan Program kerja dan pelaporan pertanggung jawaban
6. Mengadakan kunjungan studi banding terhadap OSIS di sekolah lain
7. Selalu melaksanakan pertemuan sebagai evaluasi kegiatan rutin
Dilaksanakan setiap satu bulan satu kali.
8. Mendorong OSIS agar selalu menjadi pelopor bagi terlaksananya
Program sekolah di kalangan siswa.
9. membentuk Pribadi siswa OSIS yang selalu menjadi inisiator tindak
an yang baik di lingkungan sekolah khususnya.
8. Melaksanakan kegiatan riil sebagai pembelajaran Organisasi seperti:
a. Peringatan hari Proklamasi
b. Peringatan Isro Mi’raj bersama Ekskul Sharis
c. Maulid Nabi Muhammad Saw bersama Sharis
d. Porseni
e. Kegiatan Pesantren kilat bersama Sharis
f. Membantu pelaksanaan kegiatan MOS
g. Melaksanakan Razia
h. Melaksanakan lomba kebersihan
i. Melaksanakan Upacara bendera setiap hari senin
j. Melaksanakan kegiatan bakti social
k. Melaksanakan kegiatan pengajian bagi umat muslim.
l. Mengikuti berbagai perlombaan antar sekolah.
m. Melaksanakan kegiatan Iedul Adha bersama Sharis
n. Menjadi bagian yang terintegrasi dari organisasi sekolah.
B. Ekstra Kurikuler
b.1. Mengokohkan eksistensi ekskul sebagai wadah pembentukan dan
pengembangan bakat dan potensi siswa
di luar akademik.
b.2. Menjadikan Ekskul disamping sebagai wadah bagi perintisan pres-
tasi siswa khususnya, juga sebagai wadah
pengembangan kepriba
dian seperti kepercayaan diri.
b.3. Menjadikan ekskul sebagai salah satu sumber raihan prestasi seko
lah minimal di tingkat kota.
Khususnya Basket, PMR dan Volly ball.
Untuk
mencapai hal tersebut upaya yang akan dilakukan adalah :
1. Melakukan
promosi Ekskul kepada seluruh siswa
2. Mengadakan
rekruitmen untuk anggota baru serta mengadakan seleksi.
3. Melakukan
wawancara khusus bagi siswa yang akan memilih dua ekskul, agar tidak mengganggu
sekolah, dan demi tercapainya prestasi ekskul yang maksimal.
4. Melaksanakan
pembuatan program kegiatan
5. Melaksanakan
Rapat Laporan Pertanggung Jawaban.
6. Mengadakan
pembinaan latihan 2 kali seminggu.
7. Mengadakan
pertandingan persahabatan dengan sekolah lain.
8. Mengikuti
event-event pertandingan.
9. Melaksanakan
pembinaan dan peningkatan motivasi, baik secara organisasi maupun personal.
4. KEDISIPLINAN
A. DISIPLIN SISWA
1. Meminimalisir kesiangan
2. Meminimalisir ketidak hadiran
3. Membentuk keseragaman pada kerapihan berpakaian,
rambut
dan lain-lain.
4. Membentuk siswa yang selalu siap melaksanakan
tugas-tugas seko
lah dengan baik.
Untuk
mencapai hal tersebut maka dilakukan upaya sebagai berikut :
1. Memberlakukan
peraturan yaitu, bila siswa memasuki kelas melewati pukul 07.00, maka siswa
tidak boleh masuk ke dalam kelas tetapi harus menunggu di perpustakaan
mengerjakan tugas yang telah disediakan guru yang mengajar pada jam pertama,
materinya adalah yang sedang diajarkan. Siswa tersebut boleh masuk ke dalam
kelas pada jam berikutnya pada mata pelajaran yang berbeda, dan diawasi oleh
piket dan petugas perpustakaan.
2. Siswa yang
kesiangan akan didata, apabila melebihi 3 kali kesiangan maka akan dipanggil
orang tua, untuk memecahkannya dengan cara melaksanakan wajib lapor tidak
kesiangan selama satu minggu sebagai pembelajaran dan latihan.
3. Bila siswa
datang ke sekolah melewati pukul 07.00 maka akan diminta untuk pulang kembali,
dan dianggap alpa.
4. Siswa yang
tidak hadir tanpa keterangan 2 kali, akan diserahkan kepada wali kelas untuk
dibina. Bila tidak berubah dan sampai 3 kali, maka akan dipanggil orang tuannya
untuk musyawaran memecahkan masalah tersebut, dengan cara melaksanakan wajib
lapor tidak kesiangan selama 2 minggu. Apabila tidak ada perubahan maka akan
diminta untuk pindah ke sekolah terdekat.
5. Melaksanakan
ketentuan wajib bagi guru yang mengajar pada jam pertama untuk membuat tugas
untuk siswa kesiangan yang telah dititipkan kepada piket.
6. Mengadakan
koordinasi dengan para guru dan wali kelas untuk selalu mengawasi dan
mengarahkan anak didiknya, dalam disiplin, baik kehadiran, berpakaian,
berprilaku, rambut selalu pendek dan rapih, pelaksanaan tugas-tugas mata
pelajaran dll.
7. Mengadakan
razia atas pakaian, atribut, rambut serta barang-barang lain yang tidak perlu
dibawa ke sekolah dan barang-barang berbahaya.
8. Membuat
tata tertib siswa, denngan sosialisasi dilakukan oleh wali kelas.
B. KEBERSIHAN LINGKUNGAN
1. Menjadikan seluruh kelas yang bersih, nyaman.
2. Menjadikan lingkungan bersih di luar kelas
Untuk
mencapai hal tersebut maka dilakukan upaya sebagai berikut :
1. Memberlakukan
wajib kunci bagi semua kelas secara mandiri sepulang sekolah. Hal ini dilakukan
agar kelas tidak digunakan sewenang-wenang oleh siswa tidak bertanggung jawab,
seperti dipakai mojok, curat coret, membuang sampah sembarangan dll.
2. Koordinasi
dengan wali kelas agar piket wajib selalu dilaksanakan sepulang sekolah, dan
yang tidak melaksanakan piket akan dikenakan teguran oleh wali kelas.
3. Selalu
diumumkan kelas paling bersih dan kelas paling kotor setiap satu bulan satu
kali.
4. Selalu
mengkampanyekan kebersihan baik melalui setiap guru, wali kelas, maupun
slogan-slogan.
5. PRESTASI AKADEMIK
1. Mencapai prestasi terbaik/unggul dalam setiap olympiade
mata
pelajaran yang diselenggarakan
dinas pendidikan
2. Memperoleh juara pada setiap event cerdas cermat yang
diseleng
garakan perguruan tinggi, ataupun
lomba yang lainnya yang berkait
an dengan mata pelajaran.
3. Meningkatkan Pengetahuan / wawasan siswa di luar kelas
sebagai
Pengembangan dari teori pelajaran
di kelas.
Upaya
yang dilakukan untuk mencapai hal tersebut adalah :
1. Membentuk
kelas unggulan dan memberikan pelajaran tambahan
2. Membentuk
kegiatan club bidang studi dan mengadakan pembinaannya.
3. Mengadakan
kerja sama dengan wali kelas untuk mengadakan pem
Binaan baik
secara klasikan maupun personal, dalam pemecahan
Masalah motivasi
belajar.
4. Menyelenggarakan Karyawisata ke objek sejarah serta mengadakan
Penelitian sederhana ke perusahaan dengan
dituangkan dalam ben
Tuk laporan karya tulis.
6. KEAGAMAAN
1. Membentuk suasana agamis di lingkungan sekolah dalam
bentuk
sikap saling menghargai antara
murid dengan guru.
2. Membentuk suasana/iklim yang tenang dalam kegiatan
sekolah se
hari-hari
Upaya
untuk mencapai hal tersebut dilakukan dengan :
1. Membiasakan
ucapan salam baik dari murid kepada guru ataupun sebaliknya
2. Menyalakan
pengajian Al-quran setiap pagi melalui speaker kelas dari jam 06.30 s/d 06.50.
3. Membagi-bagi
kelas setiap minggu untuk melaksanakan sembahyang jumat di sekolah
4. Menyisipkan
pesan kepada setiap guru agar disampaikan pesan-pesan moral dalam setiap
mengajar.
7. ADMINISTRASI KESISWAANUntuk menunjang
kelancaran kegiatan kesiswaan, perlu dilengkapi ad-
Ministrasi kesiswaan sebagai berikut :
1. Rekapitulasi
Absen siswa Kesiangan, Izin dan sakit
2. Daftar
siswa mutasi
3. Daftar
siswa pindah ke luar
4. Daftar
Prestasi ekskul
5. Daftar
ranking siswa
6. Daftar
keadaan siswa / Keluar dan masuk siswa
7. Progran
kerja kesiswaan
8. Program
kerja OSIS
9. LPJ OSIS
10. Program kerja Ekskul
11. Buku Konseling siswa
12. Jadwal latihan ekskul
13. Daftar hadir peserta ekskul
14. Administrasi keuangan ekskul
15. Daftar penerima beasiswa
16. Surat Dispensasi
17. Surat pengantar siswa mengikuti
suatu kegiatan di luar sekolah
18. Surat tugas kepada guru yang
membimbing siswa ke luar sekolah
19. Daftar siswa yang melanjutkan ke
Perguruan Tinggi
20. Mengadakan kerja sama dengan pihak
luar, Masyarakat/perusa-
Haan.
21. Foto-foto kegiatan kesiswaan
22. Proposal-proposal kegiatan siswa.
23. Daftar Alumni
24. LPJ Ekskul
25. Program MOPD
26. Program Karyawisata
27. Daftar Siswa Tidak Naik
28. Tata tertib siswa
29. Surat-surat Undangan dari luar
30. Program PSB
31. Surat-surat panggilan siswa
32. Daftar Nama siswa
33. Perjanjian siswa
III.
PENUTUP
Berbagai macam yang berkenaan dengan kesiswaan sangat
banyak dan bervariasi dari mulai permasalahan siswa hingga peningkatan kualitas
pengembangan diri. Hal tersebut sudah barang tentu memerlukan pemikiran dan ide
kreatif serta kesungguhan yang didasarkan kepada program atau rencana yang
matang. Semoga program yang telah disusun ini akan menjadi acuan atau pegangan
dalam menangani berbagai macam hal berkenaan dengan peningkatan kualitas siswa
, sehingga akan terbentuk siswa yang cerdas dilandasi dengan budi pekerti luhur
serta iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar