PROGRAM
KERJA PEMBINAAN KESISWAAN
Juni 8, 2010 · Disimpan dalam Uncategorized
KATA
PENGANTAR
Bismillaahirrohmaanirrohiiim
Dengan memanjatkan puji dan syukur
kehadirat Allah SWT, akhirnya penyusunan Program Kerja Pembinaan Kesiswaan di
SMA Negeri I Konda tahun pelajaran 2009/2010 telah selesai disusun. Program ini
merupakan program penyempurnan dari program sebelumnya. Hal ini
didasarkan atas evaluasi program tahun sebelumnya.
Program ini memuat program kerja
kesiswaan dengan ruang lingkup pembinaan ; (1) Program Pembinaan Kesiswaan
(OSIS), (2) Program Pembinaan Ekstrakurikuler, (3) Program Unggulan Akademik
dan Non Akademiik, dengan sasaran pembinaan adalah pengaktualisasian to be
school green, global vision based of imtaq dengan fokus seluruh siswa kelas
X, XI dan XII SMA Negeri I Konda. Program pembinaan ini diharapkan dapat
mendekati dengan arah pembinaan meliputi seluruh aspek kognitif, afektif,
dan psikomotorik.
Tentunya segala upaya dan bantuan
untuk pengembangan kesiswaan di SMA Negeri I Konda ini akan berjalan dengan
baik sesuai dengan yang diharapkan apabila pelaksanaannya tidak dilakukan
secara partial. Oleh karena itu segala dukungan, bantuan dan arahan dalam
bentuk apapun sangat diharapkan.
Akhirnya, kami ucapkan terima kasih
kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan Program kerja ini.
Semoga segala amal baik yang telah diberikan dapat diganti dan dilipatgandakan
oleh Allah SWT. Amiinn.
Konda, Juli 2009
Wakasek Ur. Kesiswaan
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Tujuan
C. Ruang Lingkup Pembinaan
Pengembangan Potensi Siswa
D. Sasaran Pembinaan
E. Hasil Yang Diharapkan
F. Strategi Pembinaan
BAB II URAIAN DAN
MEKANISME PEMBINAAN POTENSI SISWA
A. Program Pembinaan OSIS
1. Pengertian
2. Tujuan
3. Materi Pembinaan
4. Perangkat OSIS
5. Rincian dan Tugas Perangkat OSIS
6. Keuangan
7. Forum Organisasi
8. Sasaran/Target Pembinaan
B. PROGRAM PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER
- Pengertian
- Visi dan Misi
3. Tujuan Umum
4. Tujuan Khusus
5. Fungsi Kegiatan Ekstrakurikuler
6. Prinsip Kegiatan Ekstrakurikuler
7. Bidang dan Jenis Kegiatan
Pembinaan
8. Peranan dan Tugas Guru/Kepala
Sekolah
9. Penyusunan Program Bimbingan
Kegiatan Ekstrakurikuler
10. Pembina Ekstrakurikuler
C. PROGRAM UNGGULAN AKADEMIK DAN NON
AKADEMIK
1. Pengertian
2. Sasaran Pembinaan
3. Pelaksanaan Kegiatan
4. Mekanisme Kegiatan
BAB III PENUTUP
LAMPIRAN-LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Upaya peningkatan mutu Sumber Daya
Manusia yang cerdas, terampil, berakhlak mulia dan mampu hidup bersaing
adalah tuntutan dari perkembangan zaman pada saat ini. Oleh karena itu upaya
peningkatan SDM ini harus diprogramkan secara terstruktur, berkesinambungan dan
di evaluasi secara berkala. Hal ini menjadi semakin penting karena
perubahan-perubahan akibat perkembangan ilmu pegetahuan dan teknologi (Iptek)
serta komunkasi menjadi semakin tidak kentara.
Salah satu bagian yang penting dalam
upaya tersebut adalah sekolah sebagai fungsi pendidikan berkewajban untuk
mengembangkan kemampuan serta membentuk watak dan kepribadian bangsa yang
bermartabat, khususnya generasi muda sebagai penerus cita-cita perjuangan
bangsa dan sumber insani bagi pembangunan nasional. Kompetensi penyelenggaraan pendidikan
yang mengacu pada kompetensi siswa yang diarahkan pada kompetensi multiple
intelegensi sangatlah diharapkan. Oleh karena itu Upaya pengembangan
Potensi Diri Siswa sangatlah diperlukan dalam mewujudkan tujuan pendidikan
nasional.
- B. Tujuan
- Mengembangkan seluruh potensi siswa secara maksimal, baik potensi akademik maupun non akademik.
- Menyiapakan warga negara menuju masyarakat belajar yang cerdas dan memahami nilai-nilai masyarakat yang beradab.
- Menemukan dan memunculkan potensi-potensi yang ada pada diri siswa sehingga timbul kecakapan hdup (life skiill) yang bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.
- Memberikan kemampuan minimal untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dan hidup bermasyarakat
- Menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan sekolah
- Meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar.
- Meningkatan apresiasi dan penghayatan seni.
- Menumbuhkan sikap berbangsa dan bernegara dengan berdasarkan Pancasila.
- meningkatkan kesegaran jasmani dan daya kreasi siswa untuk memantapkan keseimbangan antara pertumbuhan jasmani dan rohani.
C.
RUANG LINGKUP PEMBINAAN KESISWAAN
1. Program
Pembinaan Kesiswaan (OSIS)
2. Program
Pembinaan Ekstrakurikuler
3. Program
Unggulan Akademik dan Non Akademik.
D.
SASARAN PEMBINAAN
Sasaran Pembinaan adalah :
Upaya pemberdayaan Potensi
Diri Siswa kelas X, XI dan XII SMA Negeri I Konda pada tahun 2009/2010
dengan jumlah sebanyak orang.terlampir
E. HASIL YANG DIHARAPKAN
1. Mampu melahirkan SDM yang
memiliki keimanan, ketaqwaan, berkualitas, kompetitif, berdedikasi, mandiri dan
profesional.
2. Mampu meningkatkan prestasi
siswa sesuai bakat dan minat siswa
3. Mampu meningkatkan
pelayanan pendidikan kepada siswa melalui jalur pembinaan penyelamatan siswa
dari bahaya perilaku menyimpang di kalangan siswa dan jalur pemberdayaan
potensi diri
F.
STRATEGI PEMBINAAN
- Melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Konawe Selatan
- Difasilitasi dan dibimbing oleh :
- Guru Mata Pelajaran
- Guru Bimbingan Konseling (BK)
- Pembina OSIS
- Pembina Ekstrakurikuler
- Pelatih
- Berkoordinasi dengan guru BK untuk memberikan pelayanan Konseling
BAB II
URAIAN DAN MEKANISME PEMBINAAN KESISWAAN
Seperti dikemukakan pada bagian
terdahulu bahwa upaya pembinaan kesiswaan, terbagi menjadi 3 lingkup pembinaan
yaitu :
- Program Pembinaan OSIS
- Program Pembinaan Ekstrakurkuler
- Program Unggulan Akademik dan Non Akademik.
A.
PROGRAM PEMBINAAN OSIS
1.
Pengertian
Satu-satunya wadah organisasi siswa
di sekolah untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan kesiswaan adalah
Organisasi Intra Sekolah disingkat OSIS. OSIS bersifat intra sekolah, artinya
tidak ada hubungan organisatoris dengan OSIS di sekolah lain, dan tidak menjadi
Bagian dari organisasi lain yang ada di luar sekolah. Karena OSIS merupakan
wadah organisasi siswa di sekolah. Oleh karena itu setiap siswa secara otomatis
menjadi anggota OSIS. Keanggotaan itu secara otomatis berakhir dengan keluarnya
siswa dari sekolah yang bersangkutan.
2.
Tujuan
Organisasi ini bertujuan
mempersiapkan siswa sebagai kader penerus cita-cita perjuangan bangsa dan
sumber insani pembangunan nasional, untuk :
- Mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yg meliputi bakat, minat, dan kreativitas;
- Memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dariusaha dan pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan;
- Mengaktualisasikan potensi siswa dalam pencapaian prestasi unggulan sesuai bakat dan minat;
- Menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat madani (civil society).
(Permendiknas No 39 Tahun 2008, Bab
I pasal 1)
3.
Materi Pembinaan
Materi pembinaan kesiswaan (OSIS)
mencakup :
- Pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa
- Pembinaan Budi Luhur atau Akhlak Mulia
- Pembinaan Kepribadian Unggul, wawasan kebangsaan, dan bela Negara
- Pembinaan Prestasi akademik,seni, dan/atau olahraga sesuai bakat dan minat
- Pembinaan Demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup,kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural.
- Pembinaan kreativitas keterampilan dan kewiraswastaanPembinaan kualitas jasmani ,kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi.Pembinaan sastra dan budaya.
- pembinaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)pembinaan komunikasi dalam bahasa inggris.
4.
Perangkat OSIS
Perangkat OSIS terdiri dari :
1)
Pembina OSIS
2)
Perwakilan kelas
3)
Pengurus OSIS
4)
Anggota OSIS
5. Rincian
dan tugas Perangkat OSIS
a. Pembina OSIS terdiri dari 4 orang Pembina yang terdiri dari :
- Pembina OSIS pengembangan Wawasan Intelektual.
- Pembina OSIS Pengembangan Potensi Seni
- Pembina OSIS Pengembangan Olah Raga
- Pembina Gugus Depan Pramuka
Pembina OSIS secara umum bertanggung
jawab atas seluruh pengelolaan, pembinaan dan pengembangan OSIS di sekolah.
Rincian tugas pembinaan OSIS adalah
:
bertanggung jawab atas seluruh
pembinaan dan pengembangan OSIS di sekolahmemberikan nasihat kepada perwakilan
kelas dan pengurus.
mengesahkan keanggotaan perwakilan
kelas dengan surat keputusan kepala sekolah.
Mengesahkan dan melantik pengurus
OSIS denga surat keputusan kepala sekolah.
Mengarahkan penyusunan anggaran
rumah tangga dan program kerja OSIS.
Menghadiri rapat-rapat OSIS
Mengadakan evaluasi terhadap
pelaksanaan tugas OSIS
b.
Perwakilan Kelas
Perwakilan kelas terdiri atas
wakil-wakil kelas. Setiap kelas diwakili oleh 2 (dua) orang siswa.
Perwakilan kelas bertugas memilih
pengurus OSIS, mengajukan usul-usul untuk dijadikan program kerja OSIS dan
menilai laporan pertanggungjawaban pengurus OSIS pada akhir masa jabatannya.
Perwakilan kelas bertanggung jawab langsung
kepada Pembina OSIS
Masa jabatan perwakilan kelas selama
1 tahun ajaran.
Menyusun Anggaran Rumah Tangga.
Rincian tugas perwakilan kelas
adalah :
- mewakili kelasnya dalam rapat perwakilan kelas
- mengajukan usul kegiatan untuk dijadikan program kerja OSIS
- mengajukan calon pengurus OSIS berdasarkan hasil-hasil rapat kelas.
- Memilih pengurus OSIS dan daftar calon yang telah disiapkan.
- Menilai laporan pertanggungjawaban dan segala tugas pengurus Osis pada akhir masa jabatannya.
- Menyusun Anggaran Rumah Tangga.
c.
Pengurus OSIS
Pengurus OSIS terdiri atas :
- I. seorang ketua dan dua orang wakil ketua
- II. Seorang sekretaris dan dua orang wakil sekretaris
- III. Seorang bendahara dan seorang wakil bendahara
- IV. Sepuluh orang ketua seksi yaitu :
1) Pembinaan ketaqwaan
terhadap Tuhan yang Maha Esa dan budi pekerti luhur serta lingkungan hidup
2) Pembinaan Kepribadian
Unggul, wawasan kebangsaan, dan bela Negara
3) Pembinaan seni, dan/atau
olahraga sesuai bakat dan minat
4) Pembinaan kreativitas
keterampilan dan kewiraswastaan
5) pembinaan teknologi
informasi dan komunikasi (TIK)
6) pembinaan Prestasi Akademik
dan komunikasi dalam bahasa inggris.
d. Pembinaan Seksi :
Seksi I : Binaan kegiatan
Ekstrakurikuler : Study Religy Club
Pembinaan keimanan dan ketaqwaan
terhadap Tuhan YME, antara lain:
a) Melaksanakan
peribadatan sesuai dengan ketentuan agama masing-masing.
b) Memperingati
hari-hari besar keagamaan;
c) Melaksanakan
perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama;
d) Membina toleransi
kehidupan antar umat beragama;
e) Mengadakan
kegiatan lomba yang bernuansa keagamaan;
f) Mengembangkan
dan memberdayakan kegiatan keagamaan di sekolah
g) Menumbuhkembangkan
sikap hormat dan menghargai warga sekolah
h) Melaksanakan kegiatan
7K (keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan,
kedamaian, dan kerindangan)
.
Seksi II : Binaan kegiatan
Ekstrakurikuler : Paskibra, Pramuka
Pembinaan kepribadian unggul,
wawasan kebangsaan, dan bela negara
a) Melaksanakan upacara bendera
pd hari senin dan/atau sabtu, serta hari2 besar nasional
b) Menyanyikan lagu-lagu
nasional (Mars & Hymne)
c) Melaksanakan kegiatan
kepramukaan
d) Mengunjungi dan
mempelajari tempat2 bernilai sejarah
e) Mempelajari dan
meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan, dan semangat perjuangan para
pahlawan
f) Melaksanakan
latihan kepemimpinan siswa;
g) Melaksanakan kegiatan
bela Negara
h) Menjaga dam menghormati
simbol2 dan lambang2 negara
i) Melakukan
pertukaran siswa antar daerah dan antar negara
Seksi III : Binaan kegiatan
Ekstrakurikuler : Club Olahraga, Unit kegiatan seni,unit kegiatan wisata
Pembinaan prestasi akademik, seni,
olahraga sesuai dengan bakat dan minat
a) Mengadakan
lomba mata pelajaran/program keahlian
b) Menyelenggarakan
kegiatan ilmiah
c) Mengikuti
kegiatan workshop, seminar, diskusi panel yang bernuansa iptek
d) Mengadakan
studi banding dan kunjungan (studi wisata) ke tempat-tempat sumber belajar
e) Mendesain
dan memproduksi media pembelajaran
f) Mengadakan
pameran karya inovatif dan hasil penelitian
g) Mengoptimalkan
pemanfaatan perpustakaan sekolah
h) Membentuk klub
sains, seni, dan olahraga
i) Menyelenggarakan
festival dan lomba seni
j) Menyelenggarakan
lomba dan pertandingan olahraga
Seksi IV : Binaan kegiatan
ekstrakurikuler : Pramuka
Pembinaan demokrasi, hak asasi
manusia, pendidikan politik, , kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks
masyarakat plural, antara lain:
- Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan tugasnya masing-masing;
- Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan profesional;
- Melaksanakan Pelatihan kepramukaan dan penerimaan Anggota GEPRA;
- Melaksanakan kegiatan kelompok belajar, diskusi, debat dan pidato;
- Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan;
- Melaksanakan penghijauan dan perindangan lingkungan sekolah.
Seksi V : Binaan kegiatan
Ekstrakurikuler : Warung Siswa
Pembinaan kreativitas, keterampilan
dan kewirausahaan, antara lain:
- Meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna;
- Meningkatkan kreativitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa;
- Meningkatkan usaha Warung siswa dan unit produksi;
- Melaksanakan praktek kerja nyata (PKN)/pengalaman kerja lapangan (PKL)/praktek kerja industri (Prakerin);
Seksi VI : Binaan
kegiatan Ekstrakurikuler : TIK Club,English Club
Pembinaan teknologi informasi dan
komunikasi (TIK) dan Komunikasi dalam Bahasa Inggris, antara lain:
- Memanfaatkan TIK untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran;
- Menjadikan TIK sebagai wahana kreativitas dan inovasi;
- Memanfaatkan TIK untuk meningkatkan integritas kebangsaan.
Pembinaan komunikasi dalam bahasa
Inggris, antara lain:
- Melaksanakan lomba debat dan pidato;
- Melaksanakan lomba menulis dan korespondensi;
- Melaksanakan English Day;
- Melaksanakan kegiatan berceritera dalam bahasa Inggris (Story Telling);
- Melaksanakan lomba puzzies words/scrabble.
e. Syarat Pengurus OSIS
- Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
- Mermiliki budi pekerti luhur dan sopan santun terhadap orang tua, guru, dan teman
- Memiliki bakat sebagai pemimpin siswa
- Memiliki kemauan, kemampuan, dan pengetahuan yang memadai
- Dapat mengatur waktu dengan sebaik-baiknya,sehingga pelajarannnya tidak terganggu karena menjadi pengurus OSIS
- Pengurus dicalonkan oleh perwakilan kelas
- Khusus untuk ketua OSIS , ditambah persyaratan :
- mempunyai kemampuan berpikir yang jernih
- memiliki wawasan mengenai kondisi yang sedang dihadapi bangsanya.
- tidak duduk di kelas terakhir, karena akan menghadapi ujian Nasional.
f.
Rincian Tugas Pengurus OSIS
a. bertugas menyusun dan
melaksanakan program kerja OSIS sesuai dengan AD ART
b. menyampaikan laporan
pertangungjawaban kepada rapat perwakilan kelas pada akhir masa jabatannya.
c. Bertanggung jawab langsung
kepada perwakilan kelas dan pembina OSIS.
d. Mempunyai masa kerja selama
satu tahun pelajaran.
g. Anggota OSIS
a. Anggota OSIS secara
otomatis adalah siswa yang masih aktif belajar pada sekolah yang bersangkutan
b. Anggota OSIS tidak
memerlukan kartu anggota
c. Keanggotan berakhir apabila
siswa yang bersangklutan tidak menjadi siswa lagi di sekolah tersebut, ata
meninggal dunia
d. Setiap anggota mempunyai
hak :
mendapat perlakuan yang sama sesuai
bakat, minat dan kemampuannya
memilih dan dipilih sebagai
perwakilan kelas atau pengurus.
Bicara secara lisan maupun tertulis.
6. Keuangan
Keuangan OSIS diperloleh dari dana
yang disediakan oleh sekolah, dan sumbangan yang tidak mengikat serta usaha
lain yang sah.
7. Forum Organisasi
- Rapat-rapat
- Rapat Pleno perwakilan kelas adalah rapat yang dihadiri seluruh anggota perwakilan kelas. Rapat ini diadakan untuk :
a) persiapan
tatacara pemilihan ketua, seorang wakil ketua dan seorang sekretaris
b) pencalonan
pengurus OSIS
c) pemilihan
pengurus OSIS
d) penilaian
laporan peranggungjawaban pemgurus OSIS pada akhir masa jabatan.
Acara , waktu dan tempat rapat
dikonsultasikan dengan pembina OSIS
- Rapat pengurus
a) Rapat
pleno pengurus adalah rapat yang dihadiri seluruh anggota pleno pengurus OSIS
b) Rapat
pengurus harian adalah rapat pengurus yang dihadiri oleh ketua, wakil ketua,
sekretaris, bendahara dan wakil ketua, sekretaris, bendahara dan wakil
bendahara untyk membicarakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan pekerjaan sehari-hari.
c)
Rapat koordinasi adalah rapat yang dihadiri oleh sah serang wakil ketua I,
sekretaris, wakil sekretaris I, bendahara dan seksi I sampai dengan seksi VIII.
8. Sasaran/Target Pembinaan.
1. Meningkatkan peran serta siswa
dalam membina sekolah sebagai wawasan wiyata mandala sehingga terhindar dari
usaha dan pengaruh yang bertentangan dengan kebudayaan nasional
2. Menumbuhkan daya tangkal pada
diri siswa terhadap pengaruh negatf yang datang dari luar maupun dari dalam
lingkungan sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar