Selasa, 18 Maret 2014

PROGRAM KERJA PEMBINAAN KESISWAAN



PROGRAM KERJA PEMBINAAN KESISWAAN
Juni 8, 2010 · Disimpan dalam Uncategorized
KATA PENGANTAR

Bismillaahirrohmaanirrohiiim
Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, akhirnya penyusunan Program Kerja Pembinaan Kesiswaan di SMA Negeri I Konda tahun pelajaran 2009/2010 telah selesai disusun. Program ini merupakan program penyempurnan dari  program sebelumnya. Hal ini didasarkan atas  evaluasi program tahun sebelumnya.
Program ini memuat program kerja kesiswaan dengan ruang lingkup pembinaan ; (1) Program Pembinaan Kesiswaan (OSIS), (2) Program Pembinaan Ekstrakurikuler, (3) Program Unggulan Akademik dan Non Akademiik, dengan sasaran pembinaan adalah pengaktualisasian to be school green, global vision based of imtaq dengan fokus seluruh siswa kelas X, XI dan XII SMA Negeri I Konda. Program pembinaan ini diharapkan dapat mendekati dengan  arah pembinaan meliputi seluruh aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Tentunya segala upaya dan bantuan untuk pengembangan kesiswaan di SMA Negeri I Konda ini akan berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan apabila pelaksanaannya  tidak dilakukan secara partial. Oleh karena itu segala dukungan,  bantuan dan arahan dalam bentuk apapun sangat diharapkan.
Akhirnya, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan Program kerja ini. Semoga segala amal baik yang telah diberikan dapat diganti dan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Amiinn.
Konda, Juli 2009
Wakasek Ur. Kesiswaan
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I    PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Tujuan
C. Ruang Lingkup Pembinaan Pengembangan Potensi Siswa
D. Sasaran Pembinaan
E. Hasil Yang Diharapkan
F. Strategi Pembinaan
BAB II   URAIAN DAN MEKANISME PEMBINAAN POTENSI SISWA
A.  Program Pembinaan OSIS
1. Pengertian
2. Tujuan
3. Materi Pembinaan
4. Perangkat OSIS
5. Rincian dan Tugas Perangkat OSIS
6. Keuangan
7. Forum Organisasi
8. Sasaran/Target Pembinaan
B. PROGRAM PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER
  1. Pengertian
  2. Visi dan Misi
3. Tujuan Umum
4. Tujuan Khusus
5. Fungsi Kegiatan Ekstrakurikuler
6. Prinsip Kegiatan Ekstrakurikuler
7. Bidang dan Jenis Kegiatan Pembinaan
8. Peranan dan Tugas Guru/Kepala Sekolah
9. Penyusunan Program Bimbingan Kegiatan Ekstrakurikuler
10. Pembina Ekstrakurikuler
C. PROGRAM UNGGULAN AKADEMIK DAN NON AKADEMIK
1.  Pengertian
2.  Sasaran Pembinaan
3.  Pelaksanaan Kegiatan
4.  Mekanisme Kegiatan
BAB III PENUTUP
LAMPIRAN-LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Upaya peningkatan mutu Sumber Daya Manusia yang cerdas, terampil, berakhlak mulia dan mampu hidup bersaing  adalah tuntutan dari perkembangan zaman pada saat ini. Oleh karena itu upaya peningkatan SDM ini harus diprogramkan secara terstruktur, berkesinambungan dan di evaluasi secara berkala. Hal ini menjadi semakin penting karena perubahan-perubahan akibat perkembangan ilmu pegetahuan dan teknologi (Iptek) serta komunkasi menjadi semakin tidak kentara.
Salah satu bagian yang penting dalam upaya tersebut adalah sekolah sebagai fungsi pendidikan berkewajban untuk mengembangkan kemampuan serta membentuk watak dan kepribadian bangsa yang bermartabat, khususnya generasi muda sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan nasional. Kompetensi penyelenggaraan pendidikan yang mengacu pada kompetensi siswa yang diarahkan pada kompetensi multiple intelegensi sangatlah diharapkan. Oleh karena itu Upaya pengembangan Potensi Diri Siswa sangatlah diperlukan dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
  1. B. Tujuan
  1. Mengembangkan seluruh potensi siswa secara maksimal, baik potensi akademik maupun non akademik.
  2. Menyiapakan warga negara menuju masyarakat belajar yang cerdas dan memahami nilai-nilai masyarakat yang beradab.
  3. Menemukan dan memunculkan potensi-potensi yang ada pada diri siswa sehingga timbul kecakapan hdup (life skiill) yang bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.
  4. Memberikan kemampuan minimal untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dan hidup bermasyarakat
  5. Menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan sekolah
  6. Meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar.
  7. Meningkatan  apresiasi dan penghayatan seni.
  8. Menumbuhkan sikap berbangsa dan bernegara dengan berdasarkan Pancasila.
  9. meningkatkan kesegaran jasmani dan daya kreasi siswa untuk memantapkan keseimbangan antara pertumbuhan jasmani dan rohani.
C. RUANG LINGKUP PEMBINAAN KESISWAAN
1.     Program Pembinaan Kesiswaan (OSIS)
2.     Program Pembinaan Ekstrakurikuler
3.     Program Unggulan Akademik dan Non Akademik.
D. SASARAN PEMBINAAN
Sasaran Pembinaan adalah :
Upaya pemberdayaan  Potensi Diri Siswa kelas X, XI dan XII SMA Negeri I Konda pada tahun 2009/2010 dengan  jumlah sebanyak        orang.terlampir
E. HASIL YANG DIHARAPKAN
1.  Mampu melahirkan SDM yang memiliki keimanan, ketaqwaan, berkualitas, kompetitif, berdedikasi, mandiri dan profesional.
2.  Mampu meningkatkan prestasi siswa sesuai bakat dan minat siswa
3.  Mampu meningkatkan pelayanan pendidikan kepada siswa melalui jalur pembinaan penyelamatan siswa dari bahaya perilaku menyimpang di kalangan siswa dan jalur pemberdayaan potensi diri
F. STRATEGI PEMBINAAN
  1. Melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Konawe Selatan
  2. Difasilitasi dan dibimbing oleh :
    1. Guru Mata Pelajaran
    2. Guru Bimbingan Konseling (BK)
    3. Pembina OSIS
    4. Pembina Ekstrakurikuler
    5. Pelatih
    6. Berkoordinasi dengan guru BK untuk memberikan pelayanan Konseling
BAB II
URAIAN DAN MEKANISME PEMBINAAN KESISWAAN
Seperti dikemukakan pada bagian terdahulu bahwa upaya pembinaan kesiswaan, terbagi menjadi 3 lingkup pembinaan yaitu :
  1. Program Pembinaan OSIS
  2. Program Pembinaan Ekstrakurkuler
  3. Program Unggulan Akademik dan Non Akademik.
A. PROGRAM PEMBINAAN  OSIS
1. Pengertian
Satu-satunya wadah organisasi siswa di sekolah untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan kesiswaan adalah Organisasi Intra Sekolah disingkat OSIS. OSIS bersifat intra sekolah, artinya tidak ada hubungan organisatoris dengan OSIS di sekolah lain, dan tidak menjadi Bagian dari organisasi lain yang ada di luar sekolah. Karena OSIS merupakan wadah organisasi siswa di sekolah. Oleh karena itu setiap siswa secara otomatis menjadi anggota OSIS. Keanggotaan itu secara otomatis berakhir dengan keluarnya siswa dari sekolah yang bersangkutan.
2. Tujuan
Organisasi ini bertujuan mempersiapkan siswa sebagai kader penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani pembangunan nasional, untuk :
  1. Mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yg meliputi bakat, minat, dan kreativitas;
  2. Memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dariusaha dan pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan;
  3. Mengaktualisasikan potensi siswa dalam pencapaian prestasi unggulan sesuai bakat dan minat;
  4. Menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat madani (civil society).
(Permendiknas No 39 Tahun 2008, Bab I pasal 1)
3. Materi Pembinaan
Materi pembinaan kesiswaan (OSIS) mencakup :
  1. Pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa
  2. Pembinaan Budi Luhur atau Akhlak Mulia
  3. Pembinaan Kepribadian Unggul, wawasan kebangsaan, dan bela Negara
  4. Pembinaan Prestasi akademik,seni, dan/atau olahraga sesuai bakat dan minat
  5. Pembinaan Demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup,kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural.
  6. Pembinaan kreativitas keterampilan dan kewiraswastaanPembinaan kualitas  jasmani ,kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi.Pembinaan sastra dan budaya.
  7. pembinaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)pembinaan komunikasi dalam bahasa inggris.
4. Perangkat OSIS
Perangkat OSIS terdiri dari :
1)      Pembina OSIS
2)      Perwakilan kelas
3)      Pengurus OSIS
4)      Anggota OSIS
5.     Rincian dan tugas Perangkat OSIS
a.  Pembina OSIS terdiri dari 4 orang Pembina yang terdiri dari :
  • Pembina OSIS pengembangan Wawasan Intelektual.
  • Pembina OSIS Pengembangan Potensi Seni
  • Pembina OSIS Pengembangan Olah Raga
  • Pembina Gugus Depan Pramuka
Pembina OSIS secara umum bertanggung jawab atas seluruh pengelolaan, pembinaan dan pengembangan OSIS di sekolah.
Rincian tugas pembinaan OSIS adalah :
bertanggung jawab atas seluruh pembinaan dan pengembangan OSIS di sekolahmemberikan nasihat kepada perwakilan kelas dan pengurus.
mengesahkan keanggotaan perwakilan kelas dengan surat keputusan kepala sekolah.
Mengesahkan dan melantik pengurus OSIS denga surat keputusan kepala sekolah.
Mengarahkan penyusunan anggaran rumah tangga dan program kerja OSIS.
Menghadiri rapat-rapat OSIS
Mengadakan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas OSIS
b. Perwakilan Kelas
Perwakilan kelas terdiri atas wakil-wakil kelas. Setiap kelas diwakili oleh 2 (dua) orang siswa.
Perwakilan kelas bertugas memilih pengurus OSIS, mengajukan usul-usul untuk dijadikan program kerja OSIS dan menilai laporan pertanggungjawaban pengurus OSIS pada akhir masa jabatannya.
Perwakilan kelas bertanggung jawab langsung kepada Pembina OSIS
Masa jabatan perwakilan kelas selama 1 tahun ajaran.
Menyusun Anggaran Rumah Tangga.
Rincian tugas perwakilan kelas adalah :
  • mewakili kelasnya dalam rapat perwakilan kelas
  • mengajukan usul kegiatan untuk dijadikan program kerja OSIS
  • mengajukan calon pengurus OSIS berdasarkan hasil-hasil rapat kelas.
  • Memilih pengurus OSIS dan daftar calon yang telah disiapkan.
  • Menilai laporan pertanggungjawaban dan segala tugas pengurus Osis pada akhir masa jabatannya.
  • Menyusun Anggaran Rumah Tangga.
c. Pengurus OSIS
Pengurus OSIS terdiri atas :
  1. I.        seorang ketua dan dua orang wakil ketua
  2. II.        Seorang sekretaris dan dua orang wakil sekretaris
  3. III.        Seorang bendahara dan seorang wakil bendahara
  4. IV.        Sepuluh orang ketua seksi yaitu :
1)  Pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa dan budi pekerti luhur serta lingkungan hidup
2)  Pembinaan Kepribadian Unggul, wawasan kebangsaan, dan bela Negara
3)  Pembinaan seni, dan/atau olahraga sesuai bakat dan minat
4)  Pembinaan kreativitas keterampilan dan kewiraswastaan
5)  pembinaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
6)  pembinaan Prestasi Akademik dan komunikasi dalam bahasa inggris.
d. Pembinaan Seksi :
Seksi I : Binaan kegiatan Ekstrakurikuler : Study Religy Club
Pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME, antara lain:
a)    Melaksanakan peribadatan sesuai dengan ketentuan agama masing-masing.
b)    Memperingati hari-hari besar keagamaan;
c)    Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama;
d)    Membina toleransi kehidupan antar umat beragama;
e)    Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa keagamaan;
f)     Mengembangkan dan memberdayakan kegiatan keagamaan di sekolah
g)    Menumbuhkembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah
h)   Melaksanakan kegiatan 7K (keamanan, kebersihan, ketertiban,   keindahan, kekeluargaan, kedamaian, dan kerindangan)
.
Seksi II : Binaan kegiatan Ekstrakurikuler : Paskibra, Pramuka
Pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara
a)  Melaksanakan upacara bendera pd hari senin dan/atau sabtu, serta hari2 besar nasional
b)  Menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars & Hymne)
c)  Melaksanakan kegiatan kepramukaan
d)  Mengunjungi dan mempelajari tempat2 bernilai sejarah
e)  Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan, dan semangat perjuangan para pahlawan
f)   Melaksanakan latihan kepemimpinan siswa;
g)  Melaksanakan kegiatan bela Negara
h)  Menjaga dam menghormati simbol2 dan lambang2 negara
i)   Melakukan pertukaran siswa antar daerah dan antar negara
Seksi III : Binaan kegiatan Ekstrakurikuler : Club Olahraga, Unit kegiatan seni,unit kegiatan wisata
Pembinaan prestasi akademik, seni, olahraga sesuai dengan bakat dan minat
a)    Mengadakan lomba mata pelajaran/program keahlian
b)    Menyelenggarakan kegiatan ilmiah
c)    Mengikuti kegiatan workshop, seminar, diskusi panel yang bernuansa iptek
d)    Mengadakan studi banding dan kunjungan (studi wisata) ke tempat-tempat sumber belajar
e)    Mendesain dan memproduksi media pembelajaran
f)     Mengadakan pameran karya inovatif dan hasil penelitian
g)    Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah
h)   Membentuk klub sains, seni, dan olahraga
i)     Menyelenggarakan festival dan lomba seni
j)     Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olahraga
Seksi IV : Binaan kegiatan ekstrakurikuler : Pramuka
Pembinaan demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, , kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural, antara lain:
  1. Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan tugasnya masing-masing;
  2. Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan profesional;
  3. Melaksanakan Pelatihan kepramukaan dan penerimaan Anggota GEPRA;
  4. Melaksanakan kegiatan kelompok belajar, diskusi, debat dan pidato;
  5. Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan;
  6. Melaksanakan penghijauan dan perindangan lingkungan sekolah.
Seksi V : Binaan kegiatan Ekstrakurikuler : Warung Siswa
Pembinaan kreativitas, keterampilan dan kewirausahaan, antara lain:
  1. Meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna;
  2. Meningkatkan kreativitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa;
  3. Meningkatkan usaha Warung siswa dan unit produksi;
  4. Melaksanakan praktek kerja nyata (PKN)/pengalaman kerja lapangan (PKL)/praktek kerja industri (Prakerin);
Seksi  VI :  Binaan kegiatan  Ekstrakurikuler :  TIK Club,English Club
Pembinaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan Komunikasi dalam Bahasa Inggris, antara lain:
  1. Memanfaatkan TIK untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran;
  2. Menjadikan TIK sebagai wahana kreativitas dan inovasi;
  3. Memanfaatkan TIK untuk meningkatkan integritas kebangsaan.
Pembinaan komunikasi dalam bahasa Inggris, antara lain:
  1. Melaksanakan lomba debat dan pidato;
  2. Melaksanakan lomba menulis dan korespondensi;
  3. Melaksanakan English Day;
  4. Melaksanakan kegiatan berceritera dalam bahasa Inggris (Story Telling);
  5. Melaksanakan lomba puzzies words/scrabble.
e.  Syarat Pengurus OSIS
  1.  
    1. Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
    2. Mermiliki budi pekerti luhur dan sopan santun terhadap orang tua, guru, dan teman
    3. Memiliki bakat sebagai pemimpin siswa
    4. Memiliki  kemauan, kemampuan, dan pengetahuan yang memadai
    5. Dapat mengatur waktu dengan sebaik-baiknya,sehingga pelajarannnya tidak terganggu karena menjadi pengurus OSIS
    6. Pengurus dicalonkan oleh perwakilan kelas
    7. Khusus untuk ketua OSIS , ditambah persyaratan :
    8. mempunyai kemampuan berpikir yang jernih
    9. memiliki wawasan mengenai kondisi yang sedang dihadapi bangsanya.
    10. tidak duduk di kelas terakhir, karena akan menghadapi ujian Nasional.
f. Rincian Tugas Pengurus OSIS
a.  bertugas menyusun dan melaksanakan program kerja OSIS sesuai dengan AD ART
b.  menyampaikan laporan pertangungjawaban kepada rapat perwakilan kelas pada akhir masa jabatannya.
c.  Bertanggung jawab langsung kepada perwakilan kelas dan pembina OSIS.
d.  Mempunyai masa kerja selama satu tahun pelajaran.
g. Anggota OSIS
a.  Anggota OSIS secara otomatis adalah siswa yang masih aktif belajar pada sekolah yang bersangkutan
b.  Anggota OSIS tidak memerlukan kartu anggota
c.  Keanggotan berakhir apabila siswa yang bersangklutan tidak menjadi siswa lagi di sekolah tersebut, ata meninggal dunia
d.  Setiap anggota mempunyai hak :
mendapat perlakuan yang sama sesuai bakat, minat dan kemampuannya
memilih dan dipilih sebagai perwakilan kelas atau pengurus.
Bicara secara lisan maupun tertulis.
6.  Keuangan
Keuangan OSIS diperloleh dari dana yang disediakan oleh sekolah, dan sumbangan yang tidak mengikat serta usaha lain yang sah.
7.  Forum Organisasi
  1. Rapat-rapat
    1. Rapat Pleno perwakilan kelas adalah rapat yang dihadiri seluruh anggota perwakilan kelas. Rapat ini diadakan untuk :
a)    persiapan tatacara pemilihan ketua, seorang wakil ketua dan seorang sekretaris
b)    pencalonan pengurus OSIS
c)    pemilihan pengurus OSIS
d)    penilaian laporan peranggungjawaban pemgurus OSIS pada akhir masa jabatan.
Acara , waktu dan tempat rapat dikonsultasikan dengan pembina OSIS
  1. Rapat pengurus
a)     Rapat pleno pengurus adalah rapat yang dihadiri seluruh anggota pleno pengurus OSIS
b)     Rapat pengurus harian adalah rapat pengurus yang dihadiri oleh ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara dan wakil ketua, sekretaris, bendahara dan wakil bendahara untyk membicarakan dan mengkoordinasikan pelaksanaan pekerjaan sehari-hari.
c)      Rapat koordinasi adalah rapat yang dihadiri oleh sah serang wakil ketua I, sekretaris, wakil sekretaris I, bendahara dan seksi I sampai dengan seksi VIII.
8.  Sasaran/Target Pembinaan.
1. Meningkatkan peran serta siswa dalam membina sekolah sebagai wawasan wiyata mandala sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh yang bertentangan dengan kebudayaan nasional
2. Menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatf yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar