BAGAIMANA ANDA MENJAGA KEKOMPAKAN
TIM?
DI OSIS YANG ANDA JALANI MENGALAMI GEJOK MENURUNNYA SEMANGAT KERJA HINGGA MENGAKIBATKAN KEKURANG AKTIFAN PARA ANGGOTA UNTUK MENJALANKAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWABNYA YANG SUDAH DIIKRAR DI SAAT PELANTIKAN OSIS. BAHKAN ADA YANG BERANGGAPAN BAHWA PENGURUS OSIS SUDAH TIDAK KOMPAKKAN LAGI DALAM MELANJUTKAN AMANAT ANGOTA OSIS YANG TIDAK LAIN ASPIRASI SELURUH SISWA DIMANA ANDA SEKOLAH.
DI OSIS YANG ANDA JALANI MENGALAMI GEJOK MENURUNNYA SEMANGAT KERJA HINGGA MENGAKIBATKAN KEKURANG AKTIFAN PARA ANGGOTA UNTUK MENJALANKAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWABNYA YANG SUDAH DIIKRAR DI SAAT PELANTIKAN OSIS. BAHKAN ADA YANG BERANGGAPAN BAHWA PENGURUS OSIS SUDAH TIDAK KOMPAKKAN LAGI DALAM MELANJUTKAN AMANAT ANGOTA OSIS YANG TIDAK LAIN ASPIRASI SELURUH SISWA DIMANA ANDA SEKOLAH.
DISKUSI:
1.
BAGAIMANA PERAN ANDA SEBAGAI PENGURUS OSIS UNTUK
MENGATASI MASALAH TERSEBUT!
2.
SOLUSI APA YANG
DAPAT MEMBERIKAN PENCERAHAN UNTUK MENGOMPAKKAN KEMBALI KINERJA OSIS!
BAGAIMANA MENGATUR
WAKTU?
ADA GOSIP YANG MENGARAH PADA PENGURUS OSIS BAHWA JADI PENGURUS OSIS MERUGIKAN WAKTU BELAJAR DAN BAHKAN MENYITA WAKTU YANG BERDAMPAK PADA NILAI DAN KESERIUSAN SISWA PADA PEMBELAJARAN:
ADA GOSIP YANG MENGARAH PADA PENGURUS OSIS BAHWA JADI PENGURUS OSIS MERUGIKAN WAKTU BELAJAR DAN BAHKAN MENYITA WAKTU YANG BERDAMPAK PADA NILAI DAN KESERIUSAN SISWA PADA PEMBELAJARAN:
DISKUSI:
1.
BAGAIMANA SIKAP
ANDA MENGHADAPI GOSIP TERSEBUT?
2.
SOLUSI APA YANG
DAPAT ANDA JELASKAN DALAM MENYIKAPI MASALAH TERSEBUT?
CINTA OSIS
ANDA
TERPILIH MENJADI KETUA OSIS DAN HARUS MENJALANKAN RAPAT RUTIN MINGGUAN DALAM
MENYIAPKAN AGENDA OSIS. SEDANGKAN ANDA MEMILIKI JADWAL PADAT UNTUK LES/PRIVAT
DI LUAR JAM SEKOLAH?
DISKUSI:
1. MANA YANG ANDA DAHULUKAN? OSIS ATAU
IKUT LES/PRIVAT?
2. DAMPAK APA YANG AKAN TERJADI KETIKA
ANDA HARUS MEMILIH?
ANTARA OSIS DAN EKSTRAKULIKULER
JIKA TERJADI KEGIATAN BERSAMAAN DI SEKOLAH DAN POSISI
ANDA SEBAGAI PENGURUS OSIS SERTA MERANGKAP MENJADI TIM KREATIF LOMBA MEWAKILI
SEKOLAH DI TINGKAT NASIONAL PADA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER YANG ADA MINATI.
PADA KEDUA KEGIATAN TERSEBUT SAMA-SAMA PENTING DAN
MEMERLUKAN TANGGUNG JAWAB DAN KESERIUSAN DEMI MENSUKSESKAN PROGRAM SEKOLAH.
DISKUSI:
1.
KEGIATAN MANA
YANG ANDA DAHULUKAN?
2.
BAGAIMANA
STRATEGI YANG TEPAT UNTUK MENJELASKAN KEPADA KEDUA ORGANISASI ANDA KETIKA HARUS
MEMILIH SALAH SATU ORGANISASI YANG HARUS DILAKSANAKAN, SEPERTI OSIS ATAU
EKSTRAKULIKULER?
3.
DAMPAK APA YANG
AKAN DIHASILKAN DARI KEPUTUSAN ANDA?
KESETIAAN DAN TANGGUNG JAWAB
KETIKA ADA AGENDA RUTIN OSIS UNTUK
RAPAT MENYIAPKAN KEGIATAN PROGRAM SEKOLAH, TERJADI KENDALA YANG DISEBABKAN OLEH
PENGURUS OSIS MENGALAMI PENURUNAN MINAT UNTUK HADIR DAN KURANG SERIUS UNTUK
HADIR DALAM RAPAT. MEREKA LEBIH MEMENTINGKAN AGENDA EKSTRAKULIKULER
DIBANDINGKAN IKUT RAPAR OSIS.
1.
BAGAIMANA SIKAP
ANDA MENGHADAPI PROBLEM TERSEBUT TERSEBUT?
2.
SOLUSI APA YANG
DAPAT ANDA JELASKAN DALAM MENYIKAPI MASALAH TERSEBUT?
HARUS MEMILIH YANG TERBAIK
EKSTRAKULIKULER
DI SEKOLAH ANDA LEBIH MENONJOL DALAM MENGUKIR PRESTASI BAIK DI TINGKAT
KECAMATAN, KABUPATEN DAN JAWA TIMUR. BANYAK SISWA YANG BERANGGAPAN BAHWA IKUT
EKSTRAKULIKULER LEBIH MENJANJIKAN DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT MINAT DALAM
MENCAPAI PRESTASI HINGGA KE TINGKAT PROFESIONAL DAN NASIONAL.
SEDANGKAN
PROGRAM KERJA OSIS YANG ANDA JALANKAN DI SEKOLAH KURANG MENDAPAT RESPON POSITIF
DARI SISWA, DIBANDINGKAN DENGAN EKSTRAKULIKULER.
DISKUSI:
1.
BAGAIMANA SIKAP
ANDA MENGHADAPI KENYATAAN TERSEBUT?
2.
SOLUSI APA YANG
DAPAT ANDA JELASKAN DALAM MENYIKAPI MASALAH TERSEBUT?
MATI SURI
ADA SALAH
SATU EKSTRAKULIKULER YANG MENGALAMI PROBLEM HINGGA MATI SURI DALAM KEANGGOTAAN.
EKSTRA TERSEBUT KURANG DIMINATI ANGGOTA ATAU SISWA BERBEDA PADA TAHUN
SEBELUMNYA. PADAHAL SETIAP SISWA KELAS 7 & 8 WAJIB IKUT EKSTRAKULIKULER. APAKAH
EKSTRAKULIKULER TERSEBUT AKAN DITUTUP ATAU DIGANTI DENGAN KEGIATAN
EKSTRAKULIKULER LAIN?
DISKUSI:
1.
BAGAIMANA SIKAP
ANDA SEBAGAI INSAN ORGANISATORIS MENGHADAPI KENYATAAN TERSEBUT?
2.
SOLUSI APA YANG
DAPAT ANDA JELASKAN DALAM MENYIKAPI MASALAH TERSEBUT?
DILEMA, OSIS ATAU IKUT PELAJARAN
ANDA SEBUAH
KEGIATAN OSIS YANG MENYITA WAKTU YANG BERSAMAAN DENGAN JAM PELAJARAN DI KELAS.
PADAHAL RAPAT TERSEBUT MENENTUKAN JALANNYA KEGIATAN YANG AKAN BERLANGSUNG
SEDANGKAN POSISI ANDA BERADA DALAM KELAS DENGAN GURU YANG SUPER PROTEKTIF.
1.
BAGAIMANA LANGKAH
YANG ANDA AMBIL DALAM MENGHADAPI KENYATAAN TERSEBUT?
2.
DAMPAK APA YANG
AKAN TERJADI ATAS KEPUTUSAN YANG ANDA AMBIL?
3.
SOLUSI APA YANG
DAPAT ANDA JELASKAN DALAM MENYIKAPI MASALAH TERSEBUT?
KURANG MENDAPAT DUKUNGAN DARI ORTU
KEGIATAN
OSIS YANG SEDANG BERLANGSUNG HINGGA MENYITA WAKTU ANDA UNTUK HARUS PULANG MALAM
HINGGA MENGINAP DI SEKOLAH. PADAHAL ORANG TUA SUDAH MENGINGATKAN BAHWA HARUS
DISPLIN WAKTU ANTARA BELAJAR DAN BERORGANISASI. SIKAP ORANG TUA SAAT ITU KURANG
MENDUKUNG TERHADAP KEGIATAN YANG ANDA LAKUKAN DAN BAHKAN MELARANG ANDA UNTUK
BERORGANISASI DI OSIS.
DISKUSI:
1.
BAGAIMANA SIKAP
ANDA MENGHADAPI KENYATAAN TERSEBUT?
2.
SOLUSI APA YANG
DAPAT ANDA JELASKAN DALAM MENYIKAPI MASALAH TERSEBUT, KHUSUSNYA PADA ORANG TUA
DAN OSIS YANG ANDA CINTAI?
3.
DAMPAK APA YANG
AKAN TERJADI DARI HASIL KEPUTUSAN ANDA?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar