Minggu, 11 Mei 2014

Demokrasi



LAPORAN TUGAS
PENDIDIKAN KEWARGA NEGARAAN

mengenai
( HIRUK PIKUK DEMOKRASI DI INDONESIA )
Disusun Oleh :
WIWIK NUR AZIZAH
KELAS XI-AK

DARI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TANWIR
KOMPETENSI KEAHLIAN : AKUNTANSI
S U R A B A Y A 
2014

Kata Pengantar
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberi rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan laporan hasil Hiruk-Pikuk Demokrasi di Indonesia ini.

Sholawat serta salam semoga tetap dilimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarga serta para sahabat dalam seluruh umatnya. Amin.

Saya sadar bahwa laporan hasil Hiruk-Pikuk Demokrasi di Indonesia ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu saya sangat mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun dari para pembaca sekalian demi mencapai kesempurnaan dari laporan saya ini.

Selanjutnya saya berharap semoga Laporan Hasil                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        ini dapat berguna bagi saya khususnya dan bagi pembaca sekalian pada umumnya.

Surabaya,   Maret 2014


Penyusun        


DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL................................................................................. i
KATA PENGANTAR................................................................................ iv
DAFTAR ISI................................................................................................ v

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Demokrasi....................................................................... 1
1.2 Tujuan Demokrasi..................................................................................... 3
1.3 Tujuan Penulisan Laporan Demokrasi...................................................... 3
1.4 Metode Penulisan Laporan....................................................................... 3

BAB II TINJAUAN UMUM DEMOKRASI
2.1 Sejarah Singkat (Hiruk-Pikuk Demokrasi di Indonesia)........................... 5
2.2 Susunan Demokrasi di Indonesia............................................................. 8
2.3 Eksistensi Pemerintahan Demokrasi di Indonesia.................................. 10
2.4 Demokrasi Yang Pernah Terjadi di Indonesia........................................ 10

BAB III PEMBAHASAN DEMOKRASI DI INDONESIA
3.1 Hambatan-Hambatan Yang Dihadapi.................................................... 20
3.2 Pemecahan Masalah................................................................................ 20

BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan............................................................................................. 21
4.2 Saran....................................................................................................... 21

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN – LAMPIRAN

BAB I
PENDAHULUAN



1.1  Latar Belakang Demokrasi

Demokrasi merupakan suatu sistem untuk mengatur tata tertib masyarakat
dan juga mengadakan perubahan masyarakat, menentukan corak kebudayaan
sendiri, kebebasan, berkumpul, menentukan kebebasan bergerak, menyatakan
pendapat dan tulisan, menganut agama dan kepercayaan dan keyakinan masing-
masing.

Teorisasi demokrasi melahirkan dua pendekatan yang lazim digunakan
apabila hendak menjelaskan konsep demokrasi, yaitu pendekatan klasik normatif
yang juga dikenal dengan pendekatan substantif dan pendekatan empiris minimalis
atau juga dikenal dengan pendekatan procedural

1.      Dalam ilmu politik, dikenal dua macam pemahaman tentang demokrasi adalah  pemahaman secara normatif dan pemahaman secara empirik. Untuk pemahaman yang terakhir ini disebut juga sebagai Procedural Democracy

2.      Pendekatan klasik normatif memahami demokrasi sebagai sumber wewenang dan tujuan (resep bagaimana demokrasi itu seharusnya), sementara pendekatan empiris minimalis lebih menekankan pada sistem politik yang dibangun (deskripsi tentang apa demokrasi itu sekarang). Pendekatan klasik normatif lebih banyak membicarakan ide-ide dan model-model demokrasi secara substantif dan umumnya mendefinisikan demokrasi dengan istilah-istilah kehendak rakyat sebagai sumber alat untuk mencapai kebaikan bersama

1.2   Tujuan Demokrasi

Tujuan yang dicapai dalam penyelenggaraan Demokrasi dapat dikelompokkan ke dalam dua tujuan yaitu :

1.2.1        Tujuan Umum

Tujuan umum penyelenggaraan Demokrasi antara lain :
a.       Menerapkan kebebasan dalam berekspresi.
b.      Membatasi kekuasaan pemerintah agar tidak terjadi pemerintahan diktaktorisme
c.       Melatih masyarakat menghargai keputusan bersama


1.2.2        Tujuan Khusus

Tujuan khusus menyelenggarakan Demokrasi antara lain :
a.        Untuk mencapai mufakat.
b.        Menciptakan pemerintahan yang legal dan dikehendaki oleh rakyat serta demokrasi hanya  menjamin kebebasan politik yaitu kebebasan mengeluarkan pendapat dan politik. sehingga dapat menciptakan negara yang adil dan makmur.
c.        Dapat memberikan kebaikan bagi kehidupan bangsa dan bernegara.
d.      Dapat menjadi solusi ditengah pemerintahan yang totaliter seperti pada era feodal.

1.3  Tujuan Penulisan Laporan Demokrasi

Laporan adalah suatu keterangan tertulis yang disampaikan oleh seseorang kepada atasan atau sebuah tim/kelompok yang membentuknya akibat dari pelaksanaan pekerjaannya. Berikut tujuan dari penulisan laporan :
1.      Mendorong siswa agar mampu mengembangkan atau mengemukakan pikiran dan pendapatnya serta mampu menuangkannya dalam bentuk tulisan yang sistematis, logis, dan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2.      Meningkatkan kreativitas siswa dalam penulisan yang bersikap objektif danilmiah.
3.      Sebagai pertanggungjawaban siswa yang telah melaksanakan Tugas Pendidikan Kewarga Negaraan yang berkaitan dengan program keahliannya masing-masing.
4.      Sebagai salah satu bukti bahwa siswa yang bersangkutan telah melakukan Tugas Pendidikan Kewarga Negaraan dengan baik.
5.      Mengetahui bagaimana prosedur susunan dalam pembuatan laporan.

1.5  Metode Penulisan Laporan

Penulisan laporan yang baik harus ditunjang dengan data yang valid, actual dan factual. Dalam pengumpulan data metode yang penulis gunakan diantaranya :

1. Metode Observasi (Pengamatan Secara Langsung)
Yaitu cara pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan langsung terhadap suatu obyek dalam suatu periode tertentu dan mengadakan pencatatan secara sistematis tentang hal-hal tertentu yang diamati.

2. Metode Study Pustaka (Kepustakaan)
      Yaitu suatu metode pengumpulan data melalui situs web yang telah diberikan oleh blog yang bersangkutan untuk dipelajari penulis. Blog yang dipelajari akan menambah pengetahuan tentang demokrasi.




BAB II
TINJAUAN UMUM DEMOKRASI



2.1 Sejarah Singkat Hiruk-Pikuk Demokrasi
Demokrasi masih menjadi tugas dalam tatanan norma global dan masih menjadi buah bibir di sudut dunia mana pun juga, demokrasi tetaplah menjadi semangat baru bagi anak negeri yang menitik beratkan kepada kepentingan (kolektif) bersama dengan menyampingkan individu di bawah kepentingan publik atau umum.
Namun egoisme masyarakat barat menganggap kepada merekalah dunia harus belajar tentang seluk-beluk demokrasi, walau terdengar wajar tetapi perlu barometer khusus untuk mengadaptasikannya ketengah budaya, kepentingan dasar bagi masyarakat dunia lainnya. Walau kenyataannya memang tak bisa dihilangkan bahwa merekalah ( dunia barat ) yang membawa nilai demokrasi ketengah lapisan masyarakat pada awalnya.
Menurut mereka, yang bisa disebut demokrasi hanyalah demokrasi yang berorientasi (cenderung) kepada kebebasan individu. Contoh Runtuhnya Uni Soviet menjadi point tersendiri sebagai pembuktian uji kelayakan demokrasi ala mereka serta menjadi pembanding, bahwa dunia baratlah dengan produk demokrasinya mampu bertahan sampai sekarang ini. Masyarakat Barat tidak hanya berhenti sampai pada memberi cap otoritarianisme, namun mereka memaksa semua bangsa untuk menganut demokrasi liberal (bebas tidak picik).
2.2    Susunan Demokrasi di Indonesia
Sama-sama kita ketahui, Bangsa ini pernah menerapkan tiga frame (susunan) demokrasi, yaitu demokrasi parlementer, demokrasi terpimpin, dan demokrasi pancasila. Kesemua itu menjadi karakter yang terbentuk dari individu yang dipercaya untuk membawa dan mengarahkan bangsa ini.
1.      Demokrasi Parlementer           :
2.      Demokrasi Terpimpin              :
3.      Demokrasi Pancasila               :
2.3 Eksistensi Pemerintahan Demokrasi di Indonesia
Kekuasaan pemerintah berasal dari rakyat, itu yang menjadi Sistem pemerintahan Demokrasi yang kekuasaannya mutlak di tentukan oleh rakyat / melalui perwakilan rakyat. Hal ini berarti kekuasaan tertinggi dalam sistem demokrasi ada di tangan rakyat dan rakyat mempunyai hak, kesempatan dan suara yang sama di dalam mengatur kebijakan pemerintahan. Melalui demokrasi, keputusan yang diambil berdasarkan suara terbanyak. Demokrasi terbentuk menjadi suatu sistem pemerintahan sebagai respon kepada masyarakat umum yang ingin menyuarakan pendapat mereka.
Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohamad Hatta, selalu memberikan peringatan jangan sampai di Indonesia berlaku demokrasi liberal. Sebab demokrasi liberal hanya menguntungkan pihak yang kuat belaka dan mengabaikan nasib pihak lemah sesuai dengan pandangan liberal laissez fair, laissez passer. Selain itu demokrasi liberal tidak mempersoalkan moralitas sebab menjadikan hal itu urusan individual belaka yang tidak perlu dan bahkan tidak boleh mencampuri urusan umum. Yang diinginkan seorang Mohammad Hatta adalah demokrasi ekonomi dan sosial.
Gus Dur pun memiliki pandangan tersendiri, bagi beliau landasan demokrasi adalah keadilan, dalam arti terbukanya peluang kepada semua orang, dan berarti juga otonomi atau kemandirian dari orang yang bersangkutan untuk mengatur hidupnya, sesuai dengan apa yang dia inginkan. Masalah keadilan menjadi penting, dalam arti setiap orang mempunyai hak untuk menentukan sendiri jalan hidupnya, tetapi hak orang lain pun mesti ditolerir atau dihargai. Sejarah Perkembangan Demokrasi di Indonesia itu sendiri tidak terlepas dari pasang surut.
2.4 Demokrasi Yang Pernah Terjadi di Indonesia
Ada beberapa susunan (frase) demokrasi yang pernah dialami bangsa ini, semua itu menjadi satu pembentukan karakter kedewasaan demokrasi yang tumbuh di negara kita tercinta. Mungkin sebagian dari kita atau saya pribadi pun ada yang melewati dan ada juga yang memang tidak sama sekali saya rasakan, tetapi nalar ini memahami iklim berdemokrasi itu berdampak kepada perekonomian global
1. Transisi Antara Demokrasi Parlemen dan Kabinet ( 1959 )
 Era 1950-1959 ialah era dimana presiden Soekarno memerintah menggunakan konstitusi Undang-Undang Dasar Sementara Republik Indonesia 1950, dimana periode ini berlangsung dari 17 Agustus 1950 sampai 5 Juli 1959.
 Sebelum Republik Indonesia Serikat dinyatakan bubar, pada saat itu terjadi demo besar-besaran menuntut pembuatan suatu Negara Kesatuan. Maka melalui perjanjian antara tiga negara bagian, Negara Republik Indonesia, Negara Indonesia Timur, dan Negara Sumatera Timur dihasilkan perjanjian pembentukan Negara Kesatuan pada tanggal 17 Agustus 1950.
 Sejak 17 Agustus 1950, Negara Indonesia diperintah dengan menggunakan Undang-Undang Dasar Sementara Republik Indonesia 1950 yang menganut sistem kabinet parlementer.
Dewan Konstituante diserahi tugas membuat undang-undang dasar yang baru sesuai amanat UUDS 1950. Namun sampai tahun 1959 badan ini belum juga bisa membuat konstitusi baru. Untuk itulah Presiden Soekarno menyampaikan konsepsi tentang Demokrasi Terpimpin pada DPR hasil pemilu yang berisi ide untuk kembali pada UUD 1945. Hingga akhirnya, Soekarno mengeluarkan Dekrit 5 Juli 1959, yang membubarkan Konstituante.
2. Dilematis Dalam Demokrasi Terpimpin
Di antara tahun 1956 dan 1959, lebih dari 200 perwira tingkatan tinggi telah dilatih di AS, dan ratusan perwira angkatan rendah terlatih setiap tahun. Kepala Badan untuk Pembangunan Internasional di Amerika pernah sekali mengatakan bahwa bantuan AS, tentu saja, bukan untuk mendukung Sukarno dan bahwa AS telah melatih sejumlah besar perwira-perwira angkatan bersenjata dan orang sipil yang mau membentuk kesatuan militer untuk membuat Indonesia sebuah “negara bebas”. Di tahun 1962, perebutan Irian Barat secara militer oleh Indonesia mendapat dukungan penuh dari kepemimpinan PKI, mereka juga mendukung penekanan terhadap perlawanan penduduk adat.
 Era “Demokrasi Terpimpin”, yaitu kolaborasi antara kepemimpinan PKI dan kaum borjuis nasional dalam menekan pergerakan-pergerakan independen kaum buruh dan petani, gagal memecahkan masalah-masalah politis dan ekonomi yang mendesak. Pendapatan ekspor menurun, cadangan devisa menurun, inflasi terus menaik dan korupsi birokrat dan militer menjadi wabah.
3. Demokratisasi Dalam Demokrasi Pancasila
 Pada tahun 1966 pemerintahan Soeharto yang lebih dikenal dengan pemerintahan Orde Baru bangkit sebagai reaksi atas pemerintahan Soekarno. Pada awal pemerintahan Soeharto hampir seluruh kekuatan demokrasi mendukungnya karena Soeharto diharapkan melenyapkan pemerintahan yang lama. Soeharto kemudian melakukan eksperimen dengan menerapkan demokrasi Pancasila. Sekitar 3 sampai 4 tahun setelah berdirinya Orde Baru menunjukkan gejala-gejala yang menyimpang dari cita-citanya semula. Menjadi anggapan pemimpin paling tahu dan paling benar sedangkan rakyat hanya patuh dengan sang pemimpin. Sikap mental seperti ini telah melahirkan stratifikasi sosial, pelapisan sosial dan pelapisan budaya yang pada akhirnya memberikan berbagai fasilitas khusus, sedangkan rakyat lapisan bawah tidak mempunyai peranan sama sekali.
 Berbagai tekanan yang diterima rakyat dan cita-cita mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang tidak pernah tercapai, mengakibatkan pemerintahan Orde Baru mengalami krisis kepercayaan dan kahirnya mengalami keruntuhan.
4. Rekonstruksi Demokrasi Dalam Orde Reformasi
 Melalui gerakan reformasi, mahasiswa dan rakyat indonesia berjuang menumbangkan Soeharto. Pemerintahan soeharto digantikan pemerintahan presiden Habibie yang didukung sepenuhnya oleh TNI. Tumbangnya Soeharto meninggalkan warisan berupa krisis nasional yang meliputi krisis ekonomi, sosial dan politik. pemerintahan Habibie mecoba mengoreksi pelaksanaan demokrasi yang selama ini dibiarkan oleh pemerintahan Soeharto. Pemerintahan habibie menyuburkan kembali alam demokrasi di indonesia dengan jalan kebebasan pers (freedom of press) dan kebebasan berbicara (freedom of speech). Keduanya dapat berfungsi sebagai check and balances serta memberikan kritik supaya kekuasaan yang dijalankan tidak menyeleweng terlalu jauh.
Dalam perkembanganya Demokrasi di indonesia setelah Habibie diteruskan oleh Presiden Abdurahman wahid sampai dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sangat signifikan sekali dampaknya, dimana aspirasi-aspirasi rakyat dapat bebas diutarakan dan disampaikan ke pemerintahan pusat. Ada satu hal yang membuat indonesia dianggap negara demokrasi oleh dunia Internasional walaupun negara ini masih jauh dikatakan lebih baik dari negara maju lainnya adalah Pemilihan Langsung Presiden maupun Kepala Daerah yang dilakukan secara langsung. Mungkin rakyat indonesia masih menunggu hasil dari demokrasi yang yang membawa masyarakat adil dan makmur secara keseluruhan.
Mungkin penjabaran diatas bukan hanya membahas atau mengulang kembali sejarah puluhan tahun lalu semasa saya atau anda duduk di bangku sekolah. Tetapi ikhtisar dari rangkaian tersebut memiliki satu karakter yang berbeda dari setiap tonggak kepemimpinan masing-masing. Jelaslah kini, bahwa demokrasi itu dapat mewarnai atau diwarnai rezim yang berkuasa dan memang mengikuti apa yang menjadi kebutuhan saat itu.

BAB III
PEMBAHASAN LAPORAN PRAKERIN


3.1    Hambatan-Hambatan Yang Dihadapi

Budaya politik masyarakat Indonesia itu sendiri karena tanpa bisa kita pungkiri bahwa pemilu erat kaitan nya dengan budaya politik. Di Indonesia dimana kita menerapkan sebuah sistem pemilu - baik itu yang berskala nasional maupun yang berskala daerah – dengan cara one man one vote, mungkin kita belum saatnya untuk menerapkan sistem tersebut, sistem tersebut merupakan sistem yang baik bagi Negara-negara yang sistem politik dan budaya politiknya sudah maju dan mapan tidak seperti di Indonesia yang masih labil namun karena kita belajar berdemokrasi dan berpolitik dari negeri nya Abang Sam maka jadilah sistem politik kita untuk pemilu khususnya seperti sekarang ini.

3.2    Pemecahan Masalah

Kemampuan para pengurus dan elite partai politik untuk memberikan pendidikan politik yang benar kepada masayarakat Indonesia sehinggga masayarakat Indonesia dapat benar-benar sadar akan politik dan tidak asal memilih. Penulis juga mempunyai sebuah solusi yang mungkin terlihat agak utopis, yaitu sistem demokrasi dikembalikan ke seperti zaman Soeharto dahulu ketika seorang Presiden dipilih oleh para anggota DPR/MPR yang menjadi representasi dari rakyat, namun disini penulis berasumsi bahwa anggota Parlemen yang terpilih haruslah memang orang yang berilmu dan bisa dipercaya dan juga bersih dari segala sikap tercela dan yang memilih anggota DPR/MPR tersebut bukan semua rakyat tapi minimal rakyat berpendidikan SMA, terkesan tidak adil memang namun dalam agama Islam pun Allah SWT telah mengatakan bahwa Ia akan meninggikan derajat orang-orang yang berilmu, atas dasar inilah maka penulis beraggapan bahwa pendidikan minimal SMA sangat penting untuk menjadi syarat utama.



BAB IV
PENUTUP

4.1 KESIMPULAN

Kesimpulan yang di peroleh penulis dari hasil Demokrasi Antara lain :
Demokrasi dengan sistem one man one vote karena untuk menerapkan sistem tersebut seharusnya kondisi sebuah Bangsa atau Negara sudah harus stabil dana mapan dalam kehidupan politiknya tidak seperti di Indonesia yang kondisi kehidupan politiknya masih belum stabil, faktor lain yang menyebabkan Indonesia belum pantas untuk menerapkan sistem one man one vote adalah belum meratanya pendidikan politik di Indonesia, karena kita ketahui bersama bahwa di Indonesia sampai pada saat ini pembangunan fisik belum merata dan itu juga berbanding lurus dengan pendidikan politik di pedesaan, sebuah hal yang sangat aneh sebenarnya ketika kita menginginkan partisipasi penuh dari seluruh rakyat namun penetrasi pendidikan politik belum sampai ke lapisan grass root, hal ini juga merupakan kesalahan dari semua partai politik yang berada di Indonesia karena kebanyakan, kalau tidak ingin dikatakan semua partai politik merupakan partai massa bukan merupakan partai kader inilah yang menyebabkan pendidikan politik dari partai politik tidak pernah tepat pada sasaran.

4.2 SARAN

Dan penulis beranggapan bahwa yang terpenting bagi bangsa Indonesia sekarang ini adalah
Dengan cara yang penulis sebutkan diatas sebenarnya merupakan cara lama yang digunakan oleh para sahabat Nabi Muhammad SAW untuk mencari pengganti Nabi Muhammad SAW sebagai Amirul Mu’minin, pada saat itu Abu Bakar terpilih dengan cara musyawarah antara dua faksi yang ada di Madinah yaitu Muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti musyawarah tersebut merupakan orang yang terpilih dan dianggap lebih mampu dari
pada yang lain dari setiap faksi dan Abu Bakar di bai’at oleh para sahabat yang lain. Di sini penulis ingin mengambil hikmah dari kejadian tersbut dan disesuaikan dengan keadaan dan realita yang ada saat ini sehingga mungkin bisa diaplikasikan di Indonesia di suatu saat dan kita tidak harus menggunakan sistem demokrasi Amerika seperti sekarang.


DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

Foto pribadi bersama disekitar kantor pada saat melaksanakan prakerin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar